Menikmati Bubur Bakar Pontianak ala Jepang di Ume's Kitchen: Porsinya Kebanyakan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Banyak pecinta kuliner yang berburu Bubur Bakar Pontianak. Tidak heran, selain rasanya enak, namanya juga unik. Tapi, pernah coba bubur bakar ala Jepang di Ume's Kitchen?

Ya, Ume's Kitchen adalah salah satu resto hits di Pontianak. Tempat makan ini terkenal dengan masakan ala Jepang. Nah, salah satu menunya adalah bubur bakar.

Artinya, bubur bakar ala Jepang yang ada di Ume' Kitchen bisa dikatakan menambah daftar keberagaman kuliner di Pontianak. Jadi, adalah rugi untuk mengabaikannya bukan?

Melansir kanal YouTube, Olin Trisnawati, Senin (9/10/2023), Ume's Kitchen berada di Jl. Dr. Wahidin. S No.8, Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota. Sebuah resto yang memang berkonsep Jepang.

"Ada menu baru di sini, bubur bakar ala Jepang. Yuk kita coba," kata sang host di video yang diunggah pada 11 November 2021 lalu itu.

Sang host kemudian membuka daftar menu. Dan, benar saja ada menu bubur bakar ala Jepang di sana. Dia kemudian memesan bubur bakar yang rasa sapi sementara rekannya memilih bubur bakar rasa ayam.

Satu porsi bubur bakar sapi dihargai 22 ribu rupiah sementara yang ayam 20 ribu rupiah. Menariknya, proses memasak bubur bakar ini dapat disaksikan langsung oleh pembeli.

Tempat masaknya berada di luar resto, di dekat parit yang menjadi pemisah dengan jalan. Terdapat kompor dengan beberapa tungkunya. Di beberapa tungku itu sudah ada beberapa mangkuk berwarna putih.

Mangkuk ini tertutup dan terbuat dari keramik. Nah, dalam mangkuk inilah diletakan bubur beserta ragam topping dan kemudian dibakar di atas kompor.

"Kalau sapi ada lemaknya, tapi ayam tidak ada," kata sang host sambil 'membongkar' bubur bakar, saat menu itu tiba di meja mereka.

Terlihat dalam video tersebut mangkuk bubur bakar ala Jepang tampak padat dan penuh. Terlihat potongan telur rebus, potongan daging sapi dan lemak, cakwe iris, sayur, dan sebagainya yang menumpuk.

Terlihat juga asap yang mengepul, keluar dari mangkuk yang berisi bubur putih dan semacam kuah yang berwarna cokelat. Warna semakin nyala ketika sambal merah ditambahkan.

Yang jelas, bubur bakar ala Jepang di Ume's Kitchen Pontianak cenderung kental dan porsinya sangat banyak. "Porsinya terlalu banyak," kata sang host tanpa berhenti menyendok bubur bakar tersebut ke dalam mulutnya.

Sambil tertawa, sang host pun langsung memberikan saran. Katanya, jika ingin menikmati bubur bakar ala Jepang di Ume's Kitchen Pontianak sebaiknya dalam kondisi sangat lapar. Atau bagi yang tidak bisa makan banyak, beli satu tapi dibagi dua.

Begitupun, bubur bakar ini sangat nikmat. Terlihat jelas ketika sang host menghabiskan menu yang jumbo itu. Dan, bubur bakar ala Jepang di Ume's Kitchen adalah menu khusus dan hanya tersedia ada Sabtu dan Minggu saja. Pun, hanya tersedia dari pukul 6 hingga 10 pagi.

Demikian soal menu bubur bakar yang ada di Pontianak, khususnya di resto ala Jepang Ume's Kitchen. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment