Selain Bubur Bakar Pontianak, Ayo Intip Bubur Bakar di Kota Lain: Ini Daftarnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Bubur Bakar Pontianak adalah kuliner yang sedang viral, banyak diincar karena rasa dan juga keunikan namanya. Namun, bukan hanya di kota ini ada menu tersebut, di kota lain juga ada.

Soal rasa tentu bisa berbeda, baik Bubur Bakar Pontianak maupun yang ada di kota lain. Namun yang pasti, bubur yang dimaksud benar-benar dibakar di atas api/bara dengan alas khusus.

Satu lagi yang jelas, keberadaan menu bubur bakar ini langsung menyita perhatian. Pasalnya, persis Bubur Bakar Pontianak, di kota lain lazimnya bubur itu direbus atau dikukus, bukan dibakar.

Nah, berikut beberapa warung bubur bakar yang ada di kota lain selain Bubur Bakar Pontianak:

  1. Solo

Melansir akun Instagram @bubur_bakar_badran, Senin (9/10/2023) warung ini sejatinya bernama Bubur Bakar Badran. Selain menjual bubur bakar, warung ini juga menjual soto rempah.

Lokasinya berada di Jalan Hasanudin nomor 40, Badran, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Tepatnya, sekira 10 menit perjalanan dari Stadion Manahan Solo alias Surakarta.

Selain unik, Bubur Bakar Badran juga menghadirkan banyak pilihan topping mulai dari seafood, jagung manis, ikan cakalang, telur pitan, ayam panggang merah, balado teri, cumi pedas, ikan dori, hingga lobster.

Hidangan yang ada di warung ini pun disajikan dengan menarik menggunakan mangkuk dengan tutupnya atau claypot, dan kemudian dibakar satu-satu di atas kompor.

Tidak hanya buburnya, untuk menu tambahan seperti dimsum, siomay, dan lainnya juga disajikan dengan wadah seperti besek. Makanan yang disajikan juga tampak cantik layaknya di-plating.

Bubur Bakar Badran buka setiap hari mulai pukul 06.00 - 12.00 WIB dan 14.00 - 20.00 WIB. Dan, warung ini mengklaim sebagai pelopor bubur bakar di Nusantara.

  1. Cirebon

Warung yang dimaksud adalah Bubur Bakar Artamara. Melansir akun Instagram @buburbakarartamara.cirebon, Senin (9/10/2023), bubur di sini disiram saus oriental mongolian, yang menciptakan rasa khas.

Hidangan bubur bakar yang disajikan di atas claypot, yaitu mangkuk yang terbuat dari tanah liat, lalu bubur ayam yang disajikan di mangkuk ini dibakar di atas bara api. Pilihan rasanya adalah bubur bakar cakalang suwir, ayam suwir, dan tumpang koyor khas Salatiga.

Sementara topping dasar yaitu jagung, bawang goreng, cakwe iris, kacang, dan daun bawang. Juga ada topping tambahan lainnya ada sosis, telur setengah matang, telur rebus, ampela ati, telur bitan, sayap ayam, dan lainnya.

Lokasi Bubur Bakar Artamara yang terletak di Jalan Ir. Juanda No. 38 Batembat, Tengah Tani, Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Buka setiap hari dengan jam operasional pagi dan sore hari, yaitu setiap pukul 06.00-10.00 dan pukul 16.00-21.00.

  1. Bandung

Melansir akun Instagram @buburbakarkencana, Senin (9/10/2023), persis dengan bubur bakar lainnya, di warung ini juga digunakan claypot untuk membakar buburnya.

Namun, di Bubur Bakar Kencana cenderung lebih polos. Bubur bakar dan ragam toppingnya juga disajikan terpisah. Jadi, cenderung terlihat seperti bubur kebanyakan.

Bedanya terletak pada buburnya semata. Yakni tekstur bubur yang sebelumnya telah dikukus atau direbus yang kemudian dibakar di mangkuk yang terbuat dari tanah liat di atas bara api.

Sebagai pelengkap makan bubur bakar, di sini juga tersedia beragam topping yang menarik mulai dari telur, cakwe goreng, hingga cakwe pedas yang lezat, renyah, dan harganya murah meriah.

Bagi Anda yang penasaran, bisa langsung coba Bubur Bakar Kencana yang berlokasi di Jalan Gempol Kulon No. 77, Bandung, tepatnya di depan Resto Uncle Chen.

Demikian soal Bubur Bakar Pontianak dan berbagai bubur bakar yang ada di kota lain. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment