Pemprov Kalbar Evaluasi Kinerja Pengelolaan Keuangan Desa

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat laksanakan kegiatan workshop evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan ini turut dirangkai dengan penandatanganan komitmen atau MoU bersama untuk program pemberdayaan, pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa dan pembangunan desa tahun 2023. MoU ini dilakukan langsung oleh Pj Sekda Kalbar dan seluruh Sekda kabupaten/kota.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan, khususnya keuangan desa," kata Pj Sekda Kalbar, Mohammad Bari.

Ia meyakini, dengan adanya pengawasan dari Pemprov Kalbar, pengelolaan keuangan di pedesaan berjalan baik sesuai ketentuan.

"Kita dapat antisipasi penggunaan dana yang menyimpangan, sehingga program dapat berjalan sesuai dengan kinerja yang diharapkan pemerintah," katanya.

Sementara itu, untuk memastikan transparansi keuangan di Desa, Bari mengatakan, bahwa dana yang direalisasikan akan dibuatkan laporan untuk disampaikan ke pemerintah pusat.

"Kita juga hadirkan BPKD untuk pemantuan, memonitoring dana yang sudah ditransfer ke Desa," katanya

Ia menegaskan, kegiaan ini merupakan bentuk komitmen Pemprov Kalbar mewujudkan transparasi dalam setiap penggunaan uang negara.

"Kalbar sudah sangat transparansi," pungkasnya. (greg)***

Leave a comment