Cara Hapus Riwayat Pencarian Google di HP dan Laptop: Upaya Amankan Privasi Lebih Terjaga

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Agar kolom search browser lebih privasi, terdapat cara hapus riwayat pencarian Google yang bisa dilakukan baik di HP ataupun laptop.

Panduan tentang cara hapus riwayat pencarian Google ini tidak memiliki langkahnya tersendiri. Maksudnya, bila perangkat yang digunakan berupa HP maka trik menghapusnya berbeda dengan laptop.

Meski berbeda, penjelasan mengenai cara hapus riwayat pencarian Google ini akan diulas lengkap. Sehingga, bagi kamu yang lebih suka berselancar menggunakan laptop atau HP bisa mengikuti panduannya dengan benar.

Adapun yang dimaksud dengan riwayat pencarian pada aplikasi Google, yakni ketika pengguna pernah menelusuri suatu situs tertentu.

Selanjutnya, pengguna hanya perlu mengetikkan huruf pertama sama. Misal, bila pernah menelusuri unsplash.com kemudian hendak mengulanginya, kemudian tinggal mengetikkan 'unsp' saja.

Bagi sebagian orang, pencarian riwayat kerap disalah kaprahkan dengan fitur 'History'. Bedanya, yang terakhir ini hanya menghapus riwayat pada browser saja.

Meski History browser sudah dihapus, akan tetapi dibuka dengan perangkat lain. Secara otomatis, situs yang pernah dicari akan muncul kembali.

Sedangkan untuk riwayat pencarian atau penelusuran Google, data yang ada didalamnya bila dihapus maka hilang permanen. Pengguna tidak dapat lagi melihatnya meski sudah membuka akun yang sama di perangkat yang berbeda.

Walaupun fitur riwayat pencarian Google berguna, banyak pengguna yang merasa mengeluh. Pasalnya, situs privasi yang pernah dikunjungi akan muncul bila perangkat dipinjam oleh orang terdekat.

Untuk mengatasi hal itu, begini panduan tentang cara menghapus riwayat pencarian Google baik di HP ataupun laptop:

Hapus Riwayat Pencarian di Laptop.

Bagi pengguna laptop, cara menghapus riwayat penelusuran Google memiliki langkahnya tersendiri. Sebab, terdapat situs yang wajib dikunjungi.

Agar dapat mengetahui setiap langkahnya, begini penjabaran lengkapnya:

  1. Buka Google di browser dengan mengetikkan halaman Google.com.
  2. Pastikan log in dengan akun yang histori Google-nya hendak dihapus.
  3. Klik opsi 'Setelan' akun.
  4. Pilih opsi 'Histori Penelusuran'.
  5. Daftar pencarian lampau akan diberikan lengkap.
  6. Klik opsi 'Hapus'
  7. Google juga menawarkan rentang waktu yang hendak dihapus. Mulai dari batas 'Hari Ini', dalam waktu tertentu, atau semuanya.
  8. Pilihlah salah satu opsi yang diberikan.
  9. Untuk menghapus secara otomatis. Pilihlah beberapa waktu yang ditawarkan seperti '3 bulan', '18 bulan', dan '36 bulan'.

Hapus Riwayat Pencarian Google di HP.

Khusus pengguna smartphone, menghapus riwayat pencarian Google bisa dilakukan di dalam aplikasi Google tersendiri.

Perhatikan uraian di bawah ini, agar tidak bingung ketika melakukannya:

  1. Buka Google dengan mengetik halaman Google.com. Atau, bukalah melalui aplikasi Google yang telah terpasang.
  2. Log in dengan akun yang riwayat pencariannya hendak dihapus.
  3. Pada halaman pertama, tepatnya di bagian bawah klik pilihan 'Setelan'. Bila ponsel yang digunakan Android, letaknya di atas.
  4. Pilih opsi 'Histori Penelusuran'.
  5. Lantas, pengguna akan disajikan list riwayat dengan lengkap dan penuh.
  6. Selain itu, pengguna juga diberikan opsi penghapusan dalam batas waktu 'Hari Ini' saja, pada batas tertentu, dan 'Semua'.
  7. Pilihlah salah satu dari tiga pilihan tersebut.
  8. Pengguna juga dapat mengaktifkan menghapus waktu tertentu. Di antaranya adalah 3 bulan, 18 bulan, dan 36 bulan.

Itulah penjabaran mengenai cara hapus riwayat pencarian Google, baik bagi pengguna HP atau laptop. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar