Resep Urap Sayur Tumis Gurih dan Ngak Bikin Ribet, Cek It Out di Sini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Urap Sayur merupakan makanan sejuta umat. Jenisnya bermacam-macam. Nah, kali ini, kita akan membagikan resep membuat urap sayur tumis yang gurih dan mudah dibuat.

Urap sayur tumis sendiri berbahan dasar sama seperti urap sayur pada umumnya. Yang membedakan, hanya pada cara pengolahannya.

Urap sayur tumis juga relatif lebih tahan lama. Tak mudah basi bila dibandingkan dengan urap sayur jenis kukus.

Nah, tak perlu panjang lebar, mari disimak resep dan tahapan membuat urap sayur tumis yang gak bikin ribet dan pastinya gurih, sebagaimana dilansir dari laman, Cookpad. Cek it out!

Bahan-bahan

Secukupnya sayuran urap (kacang panjang, kecambah, dll)

1/2 butir Kelapa parut

2 lembar daun jeruk

Bumbu halus:

6 siung bawang merah

3 siung bawang putih

3 butir kemiri, sangrai

1 ruas kencur

1/2 sdt terasi bakar

Secukupnya cabe merah+rawit

Secukupnya garam, gula pasir/gula merah (sisir)

1/2 sdm asam jawa, larutkan dgn sedikit air panas

Cara Membuat

Rebus sayuran sebentar saja, tiriskan. Langsung rendam air dingin. Tiriskan lagi. Agar tetap segar dan proses pematangan.

Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga setengah matang dan wangi. Masukan air asam jawa, daun jeruk, gula merah dan garam.

Tunggu hingga gula larut. Masukan kelapa, aduk hingga bumbu rata dan masak hingga kadar airnya berkurang. (tumis kurang lebih 20 mnt, api sedang).

Setelah itu, angkat. Cara penyajiannya, bisa dengan cara ambil rebusan sayur, taruh di piring, campurkan dengan kelapa bumbu. Aduk rata. Sajikan deh.

Mudah bukan? Nah, bagi kalian yang suka dengan makanan urap sayur, resep ini bisa dicoba untuk hidangan bersama keluarga.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar