Ingin Bikin Urap Tapi Bingung Isiannya? Ini Daftar Sayur yang Pas dan Mudah Didapat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak – Membuat urap sayur sebenarnya tidak rumit. Tetapi, bagi pemula, biasanya bingung dengan jenis sayuran yang cucok untuk dicampur menjadi urap yang enak dan gurih.

Nah, bagi kalian yang bingung memilih sayuran untuk membuat urap, tak perlu bimbang. Berikut daftar sayur yang cocok untuk dicampur sehingga menjadi urap yang enak dan menyehatkan.

Silakan simak beberapa sayuran berikut ini yang bisa menjadi pilihan sebagiaimana dilansir dari berbagai sumber:

  • Kol

Sayur kol bisa menjadi pihan untuk dijadikan campuran membuat urap. Tapi, kol harus direbus dulu ya. Setelah itu tiriskan. Tujuannya agar kol bisa bertahan lama saat dicampurkan dengan sayuran urap lainnya.

  • Tauge

Sayur yang kedua yang juga bisa untuk isian urap yaitu tauge. Tauge tak perlu direbus seperti kol. Tapi cukup direndam dengan aair panas sebentar, supaya tetap kriuk.

  • Bayam

Selanjutnya sayur bayam. Pilih yang duah lebar. Bayam juga tak perlu direbus lama-lama. Cukup dengan direndam dengan air mendidih dan tidak perlu terlalu. Tujuanny supaya kandungan zat besinya tidak hilang ya. Ini sangat penting untuk kesehatan.

  • Daun Singkong

Sayur lainnya, juga bisa pakai daun singkong. Tapi pilih daun singkong yang masih muda, supaya proses merebusnya tak perlu lama sehingga teksturnya empuk dan lembut.

  • Kelapa Parut

Yang terakhir dan paling wajib adalah, campuran bumbu kelapa parut. Pilih kelapa yang setengah muda, supaya rasanya masih manis.

Kelapa parut ini bisa dicampur dengan aneka bumbu, untuk menambah rasa gurih. Setalah itu kukus sampai matang.

Agar urap sayur tak cepat basi, maka sayur-sayur yang telah dijadikan satu, bisa digaulkan kelapa parut yang tadi saat urap henda dimakan saja.

Sangat simple bukan? Nah itu lah jenis sayuran yang bisa dipakai untuk membuat satu hidangan urap yang enak dan sehat. Silakan dicoba, ya!***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar