Kurang Minum Air Putih, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kurang minum air putih jangan diaggap remeh, ya! Sebab, jika tubuh kekurangan cairan, maka dapat menimbulkan berbagai masalah serius bagi kesehatan di kemudian hari.

Karena itu, asupan air putih harus diperbanyak saat siang hari. Tujuannya supaya cairan tubuh tetap terjaga.

Di sisi lain, air putih, juga berfungsi meregulasi suhu di dalam tubuh, melubrikasi sendi, serta membuang kotoran keluar tubuh.

Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan cairan sesuai kebutuhan, tubuh akan memunculkan rasa haus. Dengan begitu, seseorang yang kekurangan asupan cairan akan terdorong untuk minum lebih banyak.

"Tubuh sangat mahir dalam mendorong kita untuk minum ketika kita memerlukannya, karena (asupan air) penting untuk kelangsungan hidup kita," kata pakar olahraga dan pendiri Precision Hydration, Andy Blow dilansir dari PMJ News berdasarkan laporan Express, Selasa (16/10/23).

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima kondisi yang bisa muncul dan membahayakan kesehatan jika tubuh kurang asupan air putih:

1. Masalah Pencernaan

Tubuh yang kekurangan cairan dapat memengaruhi pergerakan usus dan memengaruhi produksi limbah. Saat tubuh terhidrasi, reseptor air di pencernaan menarik uap air untuk melunakkan tinja.

Jika tubuh tidak memiliki cukup air, kotoran mungkin menjadi keras, sehingga menyebabkan sembelit dan sulit untuk buang air besar. Beberapa efek samping juga dapat timbul, seperti kram dan sakit perut.

2. Sakit Kepala

Jika mengalami sakit kepala, ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan cukup air. Kekurangan cairan pada tubuh menyebabkan peregangan saluran darah di otak sehingga menyebabkan sakit kepala.

Dengan mencukupi kebutuhan air dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala pada orang yang mengalami migrain.

3. Kelelahan

Kurang minum air putih dapat menyebabkan kehilangan cairan secara keseluruhan dalam tubuh. Dengan begitu menyebabkan penurunan volume darah yang berujung mengalami kelelahan dan energi rendah.

Akibatnya, penyebaran oksigen dan nutrisi ke organ menjadi terhambat. Jadi, Anda terus-terusan merasa lamban dan kelelahan saat melakukan aktivitas. Meskipun mendapatkan istirahat dan tidur yang berkualitas, Anda juga perlu meningkatkan minum.

4. Jantung berdebar

Seseorang yang tidak minum cukup air dapat berdampak negatif terhadap kesehatan secara keseluruhan termasuk kesehatan jantung. Dehidrasi dapat menyebabkan sensasi jantung berdebar atau detak jantung tidak teratur.

Jadi, dehidrasi dapat merusak fungsi jantung pada orang yang melakukan latihan intens dalam panas.

5. Meningkatkan risiko stroke

Dampak kurang minum air putih lainnya adalah dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke. Menurut penelitian BMC Cardiovascular Disorders, dehidrasi dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke dan membuat lebih lama untuk sembuh jika sudah mengalaminya.

Inilah sejumlah ancaman kesehatan yang bisa muncul jika anda kekurangana cairan akibat kurang minum air putih. So, budayakan minum air putih yang banyak saat siang hari.***

Leave a comment