BNN Kalbar Rehabilitasi 400 Pecandu Narkoba Sepanjang 2023 Ini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Barat atau BNNP Kalbar, telah merehabilitasi 400 orang pecandu narkoba sepanjang tahun 2023.

Ini membuktikan, betapa peredaran narkoba di Kalbar masih sangat marak. Mengancam masa depan generasi muda. Kondisi harus dipaspadai bersama.

Kepala BNNP Kalbar, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto, mengatakan, pecandu yang direhab BNN tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.

Layanan ini sebagai bentuk komitmen BNN membantu pecandu narkoba agar sembuh dari ketergantungan barang haram tersebut.

Rumah rehabilitasi sendiri disediakan di seluruh kabupaten/kota di Kalbar. Penyediaan tempat ini bekerjasama dengan pemerintah daerah masing-masing.

"Masyarakat yang ingin melaksanakan rehabilitasi, tinggal lapor ke BNN provinsi kabupaten/kota," kata Sumirat, Rabu (18/10/2023).

Ia memastikan, masyarakat tidak akan dikenakan biaya saat melakukan proses rehabilitasi di BNN, baik itu rawat jalan maupun rawat inap.

"Selama rehabilitasi mau setahun mau berapa lama itu, tidak dikenakan biaya apapun," tegasnya.

Ia pun memastikan, BNN terus melakukan berbagai upaya menekan kasus peredaran narkoba dengan memetakan wilayah-wilayah rawan.

Selanjutnya, upaya pencegahan dilakukan secara bersama-sama melibatkan seluruh komponen melalui kegiatan-kegiatan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba. (greg)***

Leave a comment