Ragam Macam Kecap, dari Manis dan Asin hingga Inggris dan Jepang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Kecap cenderung dikenal dari rasanya, seperti manis dan asin. Meski begitu, ada juga kecap yang dinamai sesuai dengan bahan maupun negara asalnya.

Maka, tersebutlah kecap Inggris dan Jepang. Selain itu, selain manis dan asing, di masyarakat dikenal juga kecap ikan dan kecap jamur.

Begitupun, kecap asin dan kecap manis secara umum lebih dikenal karena gampang ditemui dan biasa dipakai untuk melengkapi rasa sebuah masakan.

Melansir gramedia.com, Kamis (9/11/2023), cukup banyak macam kecap yang beredar di Indonsia. Segala macam tersebut biasa digunakan sebagai pelengkap masakan.

Nah agar Anda makin tahu tentang jenis-jenis kecap yang ada sampai saat ini, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Kecap Manis
    Kecap manis menjadi salah satu jenis kecap yang begitu popular. Bahkan di setiap dapur rumah pasti ada kecap manis. Secara umum, kecap manis akan memiliki tekstur yang cukup kental dengan warna hitam pekat.

Sedangkan untuk bahan baku yang digunakan untuk membuat kecap manis adalah kedelai atau kedelai hitam yang nantinya akan diolah dengan campuran gula merah.

Semakin tajam aroma dari kecap kental manis, biasanya akan semakin bagus pula kualitas yang diberikan. Ketajaman aroma dari kecap manis dipengaruhi oleh proses fermentasi yang membutuhkan waktu cukup lama.

  1. Kecap Asin
    Cita rasa yang ditawarkan oleh kecap asin tentunya asin, manis, dan juga gurih. Kecap asin dibuat dari fermentasi kedelai dan gandum yang sudah diberikan campuran garam laut dengan takaran yang cukup banyak.

Khusus untuk tekstur yang ditawarkan oleh kecap asin akan lebih encer dibandingkan dengan tekstur milik kecap manis. Sedangkan untuk segi warna terbilang tidak sepekat kecap manis.

Kebanyakan kecap asin akan digunakan untuk beberapa masakan seperti marinasi daging, bumbu pasa, maupun bumbu tumis.

  1. Kecap Ikan
    Kecap ikan dibuat dengan proses fermentasi ikan dalam kurun waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Sama dengan kecap asin, kecap ikan juga memerlukan garam dalam proses pembuatannya.

Hal ini juga yang menjadikan kecap ikan dengan kecap asin kerap tertukar. Lalu dari segi warna kecap ikan akan dipengaruhi jenis ikan yang digunakan, ada yang cokelat bening dan ada yang kehitaman.

Tekstur kecap ini lebih cair dengan aroma ikan yang begitu khas. Perlu diketahui jika setiap negara memiliki ciri khas kecap ikan yang diproduksinya. Misalnya kecap ikan dari Vietnam memiliki rasa yang lebih manis dan kecap ikan Thailand lebih asin.

  1. Kecap Jamur
    Kecap jamur juga kerap disebut sebagai mushroom soy sauce memang terbilang sangat asing untuk diketahui. Akan tetapi, adanya kecap jamur juga bisa menambahkan kelezatan serta aroma yang begitu harum pada masakan tertentu.

Sebagai contohnya adalah kecap jamur yang digunakan pada hidangan Chinese dan juga hidangan bagi mereka yang termasuk ke golongan vegan.

Sama dengan namanya, kecap jamur dibuat dari fermentasi kacang kedelai dan juga jamur. Sedangkan dari segi tekstur, kecap jamur memiliki bentuk cair dengan rasa yang lebih mirip dengan kecap asin.

  1. Kecap Inggris
    Kecap Inggris memiliki aroma yang begitu harum namun juga sangat menyengat. Dibuat dari cuka, molase, gula jagung, cabai, kecap asin, lada hitam, asam Jawa, anchovy, cengkeh, dan juga berbagai bawang.

Kecap Inggris memiliki tekstur yang lebih encer serta warna yang sedikit gelap. Sedangkan untuk kegunaanya, biasanya kecap Inggris akan digunakan untuk memasak daging ataupun ikan bakar.

Penamaan kecap Inggris bukan tanpa alasan, namun masih ada hubungannya dengan sejarah kolonial Inggris yang berada di India.

  1. Kecap Jepang
    Kecap Jepang di negara asalnya biasa disebut sebagai shoyu. Kecap Jepang memiliki tekstur cair dengan warna yang tidak terlalu pekat.

Sedangkan untuk bahan utama yang digunakan untuk membuat kecap Jepang adalah kacang kedelai dan gandung. Kebanyakan kecap Jepang digunakan untuk membuat dipping sauce teman makan sushi atau sashimi.

Demikian soal enam macam kecap yang ada di Indonesia. Semoga Bermanfaat. (Adelina). ***

Tags :

Leave a comment