Buah Lai, Jenis Durian Asal Kalimantan yang Kaya Manfaat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Ada jenis durian yang bisa dikatakan populer dari Kalimantan, namanya lai. Seperti durian, buah ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah lai, bisa adalah salah satu jenis durian Kalimantan yang semakin dikenal. Tampilannya berduri, namun baunya tidak menyengat dan dagingnya berwarna oranye.

Walau begitu, lai sebagai jenis durian kaya dengan nutrisi. Pun, buah dari hutan Kalimantan ini memiliki rasa manis dengan sedikit pahit mirip durian.

Melansir halodoc.com Senin (13/11/2023), buah lai memang masih satu kerabat dengan si raja buah, durian. Tidak hanya buahnya yang mirip, pohonnya pun juga bisa dikatakan tak berbeda.

Namun, buah yang punya nama latin durio kutenjensis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari buah durian, sekitar 1-2 kilogram. Lai ini kaya akan serat, kalium, vitamin C, hingga vitamin B kompleks.

Buah berduri yang satu ini juga memiliki kandungan triptofan yang cukup tinggi, sehingga bisa mempengaruhi mood seseorang yang menyatapnya.

Nah, berikut sejumlah manfaat buah lai untuk kesehatan:

  1. Memberikan energi
    Buah lai memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi, tapi kandungan gulanya tidak setinggi durian. Nah, kandungan gula tersebut bisa memenuhi kebutuhan gula harian dan menjadi sumber energi bagi tubuh.

Namun, hindari mengonsumsi buah ini secara berlebihan agar kadar gula darah tetap terjaga.

  1. Menambah nafsu makan
    Berkat kandungan thiamin dan vitamin B1, buah lai bisa meningkatkan nafsu makan. Manfaat buah lai ini baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
  2. Menjaga fungsi saraf
    Buah lai juga memiliki kandungan kalium. Mineral ini bermanfaat untuk menjaga fungsi otot, termasuk otot jantung. Selain itu, kalium juga merupakan nutrisi penting untuk menjaga sistem saraf agar bisa tetap berfungsi dengan baik.
  3. Baik untuk kesehatan kulit
    Buah lai bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Hal itu berkat kandungan antioksidannya yang bisa mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti kerutan halus dan flek hitam.

Tidak heran bila buah ini sering diolah menjadi ekstrak untuk produk kecantikan dan perawatan kulit. Konsumsilah buah ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya untuk kulit.

  1. Mengatasi nyeri lambung
    Buah eksotis ini juga bisa menjadi obat maag alami. Hal itu karena makanan sehat ini mengandung senyawa antasida yang bermanfaat untuk menetralisir asam lambung, dan mengatasi keluhan lainnya akibat gangguan pencernaan.
  2. Menangkal radikal bebas
    Buah lai mengandung antioksidan dan vitamin yang bisa menangkal radikal bebas, penyebab kerusakan sel-sel dalam tubuh yang juga bisa memicu terjadinya kanker.

Demikian soal manfaat buah lai, jenis durian yang tumbuh di Kalimantan, bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment