Pemprov Kalbar Imbau Waspada DBD, Kepala Daerah pun Diminta Bersiap!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Gubernur Kalbar mengimbau masyarakat di musim hujan ini untuk berhati-hati untuk menjaga lingkungan, terutama dalam mewaspadai berbagai penyakit.

"Terkait hal-hal tersebut maka masyarakat diharapkan untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan," katanya, belum lama ini.

Di musim penghujan ini, penyakit yang umumnya jadi momok adalah demam berdarah (DBD). Tak jarang, kondisi hujan memungkinkan perkembangbiakan nyamuk DBD, apalagi jika ada air tergenang yang bisa jadi sarang nyamuk.

"Waspada dengan nyamuk, terutama area yang bisa menjadi sarang nyamuk untuk berkembangbiak. Lebih berhati-hati," ujarnya.

Sejauh ini, Dinas Kesehatan sudah diturunkan untuk membasmi nyamuk dengan fogging, tetapi tidak akan sepenuhnya bermanfaat jika tidak disertai gerakan bersama dari masyarakat dalam pencegahannya.

Ia pun meminta para kepala daerah se-Kalimantan Barat untuk bersiaga akan kelanjokan pasien akibat DBD ini.

"Saya minta rumah sakit memberikan pelayanan DBD terbaik, baik dari segi alat-alat perlengkapan dan dokter yang siap tangani pasien harus siaga. Saya minta semua maksimal," terangnya.

Selain itu Dinas kesehatan juga harus terus melakukan penyuluhan terkait pemberantasan sarang nyamuk serta memperkenalkan kepada masyarakat tanda-tanda bahaya dari DBD.

Tercatat, Sejauh ini berbagai upaya dilakukan untuk menangani persoalan DBD ini. Persoalan ini sangat serius karena hingga saat ini Kabupaten Sanggau sudah berstatus KLB (Kejadian Luar Biasa).

"Makanya minta semua bersiap dan siaga. Kita pun segera memberikan bantuan kesehatan. Minta juga masyarakat untuk berhati-hati," ujar Harrison. (W/REDAKSI). ***

Leave a comment