Hadiri Parade Tanjak dan Baju Melayu, Sandiaga Uno: Akan Kita Budayakan!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno menghadiri Peresmian Pameran Parade Tanjak dan Baju Melayu.

Kegiatan digelar di Taman Alun-alun Kapuas Jalan Rahadi Usman Pontianak, Sabtu (18/11/2023).
Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari yang juga selaku Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat mendampingi Menparekraft di Parade Tanjak tersebut.

Peresmian Pameran Parade Tanjak dan Baju Melayu ditandai dengan pemasangan Tanjak oleh Menparekraf RI, Sandiaga kepada Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

Sandiaga Uno menegaskan akan membudayakan bertanjak, karena budaya pantun sudah mendunia dan pantun sudah menjadi warisan budaya tak benda dari UNESCO.

"Saya ingin Tanjak ini juga bisa menjadi event karena event ini mempunyai strategi promosi untuk anak-anak muda kita agar bisa menghargai budaya, agar budaya kita semakin jaya," harap Sandi.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Mas Menteri ini juga berharap anak-anak muda tidak hanya suka kepo melainkan suka bertanjak.

"Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih karena ini bagian dari pada tiga G Gerak Cepat, Gerak bersama dan Gas Pol garap semua potensi lokal untuk memajukan Tanjak kita dan saya ingin Tanjak ini diproduksi," tutupnya.

Tanjak merupakan kain yang dililitkan di kepala yang merupakan khas budaya Melayu. Tanjak ini ibarat blangkon bagi orang Jawa. Tanjak dibuat dengan menggunakan kain songket atau kain tenun yang dilipat dan diikat dengan gaya tertentu. ***

Leave a comment