Bagian Pasak Bumi yang Memiliki Khasiat bagi Kesehatan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Sebagai tanaman, pasak bumi bisa dikatakan lengkap. Nyaris setiap bagian dari pohon ini memiliki khasiat dan bisa dimanfaatkan bagi kesehatan.

Bagian pasak bumi yang dimaksud adalah akar, batang, daun, dan sebagainya. Dan masing-masing bagian itu memiliki khasiat tertentu bagi kesehatan.

Itulah sebab pasak bumi bisa dikatakan sebagai tanaman kesehatan. Pasalnya, nyaris semua bagian dari pohon ini memiliki khasiat dan manfaat.

Melansir bisa gramedia.com, Jumat (24/11/2023), tanaman ini biasanya dijumpai di tanah masam dan berpasir yang memiliki drainase tanah baik.

Umumnya, tanah tersebut terletak di hutan yang berdekatan dengan pantai, baik itu hutan primer maupun hutan sekunder.

Pasak bumi juga dapat ditemukan di daerah pegunungan bukit dengan pematang dan daerah berlereng, terutama yang memiliki temperatur rata-rata 25 derajat Celcius serta kelembaban udara sekitar 86%.

Selama masa perkembangannya, tanaman pasak bumi ini membutuhkan banyak sinar matahari terutama untuk membantu perkembangan vegetatif dan sistem reproduksinya.

Pasak bumi akan berbunga dan berbuah sepanjang tahun, yakni sekitar bulan Juni sampai Juli, sementara buahnya akan masak pada bulan September.

Namun, saat ini pasak bumi bisa dikatakan menjadi langka akibat adanya pembabatan hutan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Pembabatan hutan tersebut biasanya meliputi kegiatan penebangan, pengangkutan, dan pembuatan jalan. Padahal, keberadaan tanaman pasak bumi dinilai sangat menguntungkan bagi manusia.

Terutama bagi penduduk lokal karena dapat menjadi obat herbal. Dan, kebanyakan penduduk lokal belum mampu membudidayakan pasak bumi sebab pertumbuhannya sangat lambat, sehingga mereka mengandalkan biji di alam saja.

Nah, berikut bagian pasak bumi yang bisa dimanfaatkan bagi kesehatan:

  1. Akar
    Bentuk akar dari tanaman ini sama halnya dengan akar pada tanaman pada umumnya. Pada bagian inilah biasanya dapat digunakan sebagai obat herbal, baik dengan cara direbus maupun diolah di pabrik secara khusus.

Apabila dicampurkan dengan tanaman obat lain, misalnya kayu manis, maka dapat digunakan sebagai tonik penyehat, penawar demam, penyembuh luka di gusi, hingga gangguan cacingan. Tonik ini juga bermanfaat bagi ibu melahirkan.

  1. Bagian Batang
    Biasanya tidak bercabang. Namun apabila ada yang bercabang, maka bentuknya menyerupai payung dengan kedudukan melingkar (rosette). Batangnya kokoh berwarna coklat keabu-abuan dan licin.

Terutama pada kulit batangnya dapat digunakan untuk koagulan darah bagi ibu melahirkan, pengobatan nyeri pada tulang, meningkatkan stamina, dan obat sakit kepala.

  1. Bagian Daun
    Bentuk daun tanaman ini adalah majemuk menyirip dengan jumlah ganjil. Biasanya panjang sekitar 0,3-1 meter dan anak daunnya berjumlah 20-30 pasang. Tangkai daunnya berwarna cokelat kehitaman.

Dapat digunakan untuk mengobati sakit perut, sariawan, dan meningkatkan nafsu makan.

  1. Bagian Bunga dan Buah
    Bunga pada tanaman ini bersifat monoceus dan dioceus, tetapi umumnya sering dijumpai sebagai dioceus. Warnanya merah jingga, dengan lebar bunga sekitar 0,6 cm.

Ujung bunga memiliki bulu halus dan benjolan kelenjar. Dalam hal ini, terdapat 2 kelompok tanaman paku, yakni berbunga jantan yang tidak mampu menghasilkan buah; dan tumbuhan betina yang mampu menghasilkan buah.

Sementara buah dari tanaman ini tumbuh secara bergerombol dan mirip dengan tanaman kurma, tetapi ukurannya sangat kecil dan bentuknya mirip telur. Bunga dan buah dapat digunakan untuk obat disentri.

Demikian tentang bagian-bagian dari pasak bumi yang bisa dimanfaatkan dan memiliki khasiat kesehatan. Semoga bermanfaaat. (Adelina). ***

Leave a comment