Isna Aulia Fajarini, Relawan UNICEF PBB, Lulusan Amerika yang Urusi Stunting

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Pernah dengar nama Isna Aulia Fajarini? Mungkin tidak begitu familiar, tapi usungguhnya dia adalah relawan United Nations Children's Fund (UNICEF) atau Dana Anak-anak PBB.

Sebagai relawan di UNICEF PBB, Isna Aulia Fajarini, fokus untuk mengurangi angka stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak di Indonesia.

Menariknya, Isna Aulia Fajarini, menjadi relawan di UNICEF PBB, begitu dia lulus dan mendapat gelar master dari salah satu universitas terkemuka di Amerika.

Melansir unv.org, Selasa (5/12/2023), Isna Aulia Fajarini bergabung dengan Tim Nutrisi UNICEF pada Juni 2021, setelah mendapatkan gelar master di bidang kesehatan masyarakat dari Johns Hopkins University.

Johns Hopkins University (JHU) adalah universitas swasta yang berlokasi di Baltimore, Maryland. Dan, perrguruan tinggi ini berdiri sejak 22 Januari 1876.

Universitas ini terkenal sebagai universitas riset pertama di USA. Hingga kini, Johns Hopkins termasuk satu dari sepuluh perguruan tinggi terbaik di USA.

Ya, Isna Aulia Fajarini adalah relawan UNICEF PBB di Indonesia. Ia mendukung program nutrisi yang hemat biaya bagi anak-anak usia sekolah, sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan nutrisi.

Hal ini sesuai dengan tujuan nomor tiga dari 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yakni Kehidupan sehat dan sejahtera (good health and well-being).

Adalah peningkatan konsumsi makanan cepat saji dan kurangnya aktivitas fisik telah menyebabkan penurunan dari tujuan tersebut. Dan, tanpa meningkatkan status gizi anak usia sekolah, Indonesia memiliki risiko besar.

Nah, pengetahuan Isna Aulia Fajarini tentang anemia, bayi dengan berat badan lahir rendah, dan obesitas membantunya memberikan dukungan substantif terhadap program gizi berbasis sekolah untuk anak-anak di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Program ini menargetkan sekitar 2.000 murid kelas empat dan terdiri dari berbagai elemen mulai dari pendidikan nutrisi yang dipimpin oleh siswa dan guru hingga perluasan program pemberantasan cacing, dan seterusnya.

Sebagai informasi, Indonesia fokus pada pengurangan stunting. Masalahnya, intervensi kesehatan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan anak yang bersekolah secara keseluruhan masih terbatas. Parahnya, sebagian malah menderita obesitas.

Karena itu, sebagai pemimpin proyek, Isna Aulia Fajarini berkoordinasi di tingkat pemerintah, memberikan bimbingan teknis di tingkat lapangan, dan memantau serta melaporkan semua kegiatan terkait program.

Bersama pemangku kepentingan, Isna Aulia Fajarini mendukung modul pelatihan program gizi anak usia sekolah untuk Revitalisasi Kesehatan Sekolah.

Isna Aulia Fajarini juga mengembangkan dan meluncurkan kursus pembelajaran nutrisi online untuk guru sekolah menengah atas bernama "Guru Belajar dan Berbagi Seri Remaja Sehat Jiwa dan Raga" yang diakses oleh lebih dari 23.000 guru di seluruh negeri.

Selain itu, ia ikut menulis panduan implementasi program gizi nasional untuk pemangku kepentingan di tingkat kabupaten dan sekolah, berkolaborasi dengan remaja untuk meningkatkan kesadaran akan anemia dan memberikan bantuan teknis pada beberapa penelitian UNICEF mengenai gizi ibu dan anak di luar sekolah.

Artinya, apa yang didapat Isna Aulia Fajarini tidak dilihat dari materi atau finansial. Jika sekadar untuk mencari itu, maka latar belakangnya sebagai lulusan dari salah satu universitas ternama di USA tentu akan lebih mudah.

Ya dia lebih mengutamakan interaksi antarmanusia dan mengatakan bahwa imbalan terbesarnya adalah berinteraksi dengan anak-anak dari seluruh negeri.

"Untuk memastikan anak-anak Indonesia tumbuh dengan cara yang lebih sehat," begitu kata Isna Aulia Fajarini.

Dengan kata lain, melihat program-program UNICEF mengubah kehidupan anak-anak, memotivasinya untuk terus melakukan advokasi untuk tidak meninggalkan anak.

Begitulah, United Nations Volunteers (UNV) telah memberikan kesempatan bagi Isna Aulia Fajarini untuk menerapkan keahliannya untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak di Indonesia.

Demikian sedikit tentang Isna Aulia Fajarini, relawan UNICEF PBB yang fokus pada perkembangan anak Indonesia. Semoga menginspirasi. (Adelina). ***

Leave a comment