3 Trik Agar Memori WhatsApp Tak Penuhi Penyimpanan Ponsel Tanpa Harus Langganan Google One

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pembahasan di dalam 3 trik agar memori WhatsApp tidak penuhi penyimpanan ponsel ini kiranya penting untuk diketahui pengguna medsos. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperbesarnya.

Karena tergolong irit biaya, uraian yang terkumpul di dalam 3 trik agar penyimpanan WhatsApp tak penuhi memori ponsel ini harus dilakukan dengan tepat. Sehingga, kamu bisa menyaring file atau dokumen dari sebuah chat mana yang layak untuk disimpan.

Dengan begitu, artikel 3 trik agar memori WhatsApp tidak penuhi penyimpanan ponsel ini menganjurkan pengguna untuk memfilter seluruh data yang berada di aplikasi. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi konsumsi ruang pada smartphone.

Pengguna media sosial, biasanya tidak memilah-milih untuk mencadangkan data pada aplikasi yang dikenal dengan WA. Semua chat atau media yang diterima atau dikirim akan di backup pada Google Drive.

Pencadangan ini diharapkan agar seluruh isi chat yang berada di dalamnya tidak terhapus. Atau, ketika hendak berpindah perangkat pengguna dapat mengunduhnya dengan praktis tanpa perlu mentransfer file secara manual.

Sayangnya, sejak bulan November 2023 lalu pihak Google Drive memberikan kebijakan baru. Policy ini menyatakan, bahwa pencadangan pesan dan data WhatsApp dapat disimpan dalam penyimpanan awan ini lebih dibatasi.

Atau, kamu bisa mengupgrade kapasitasnya dengan berlangganan Google One. Namun, langkah ini mewajibkanmu untuk berkorban secara finansial.

Bila tidak ingin mengeluarkan uang lebih banyak lagi, cobalah ikuti 3 trik agar memori WhatsApp tidak penuhi penyimpanan ponsel yang akan dibagikan di bawah ini:

Hapus File Besar.

Trik pertama yang wajib dilakukan yakni harus menghapus kumpulan file besar pada suatu chat. Dengan tindakan selektif ini, aplikasi tidak akan lagi menopang beragam berkas dengan ukuran jumbo dan memakan ruang penyimpanan ponsel.

Untuk melakukannya, silahkan simak tutorialnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pada halaman pertama, silahkan klik ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan.
  3. Masuk ke fitur 'Setelan'.
  4. Kemudian, klik tulisan yang bertajuk 'Penyimpanan dan Data'.
  5. Pada bagian penyimpanan ini, klik opsi 'Kelola Penyimpanan'.
  6. Kamu akan ditampilkan kumpulan jumlah memori yang sudah terpakai oleh WhatsApp.
  7. Pilih salah satu chat yang menyimpan media berukuran besar.
  8. Hapuslah file atau media dengan ukuran jumbo tersebut.

Menonaktifkan Download Otomatis.

Fitur 'Download Otomatis' pada WhatsApp juga mengakibatkan memori yang tersedia akan terisi penuh. Oleh karena itu, matikanlah fitur ini sebagaimana langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk ke 'Setelan' dengan mengetuk ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Masuk ke opsi 'Penyimpanan dan Data'.
  4. Pada bagian 'Unduh Otomatis' kamu akan dipaparkan beragam opsi file yang dapat diunduh ketika tersambung ke internet.
  5. Hapus seluruh centang pada media baik saat mode penggunaan data seluler, WiFi, atau roaming.

Hapus Riwayat Chat.

Trik selanjutnya yang wajib dilakukan yakni dengan menghapus riwayat chat. Langkah ini ternyata cukup ampuh untuk membersihkan kumpulan data, pilihlah pesan yang tidak terlalu penting untuk dihapus.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk ke Pengaturan WA dengan cara yang sama pada langkah-langkah sebelumnya.
  3. Kemudian akses opsi 'Penyimpanan dan Data'.
  4. Pada bagian 'Kelola Penyimpanan' pilih salah satu chat yang riwayatnya ingin dihapus.
  5. Pilih semua riwayat chat yang tidak penting untuk dihapus.

Demikianlah pembahasan mengenai 3 trik agar memori WhatsApp tidak cepat memenuhi penyimpanan ponsel. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment