Fakta Tsunami Aceh, Bencana Terbesar di Ujung Tahun, Menerjang 15 Negara

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Tak ada yang menduga ketika 19 tahun lalu, tepatnya pada 26 Desember 2004, terjadi bencana luar biasa. Ya, tsunami Aceh. Dunia berkabung, 15 negara terdampak.

Duka ujung tahun, ketika sehari setelah dunia merayakan Natal, tsunami Aceh datang menggulung daratan. Ratusan ribu orang dari berbagai negara meninggal akibat bencana itu.

Tercatat ada 15 negara yang terdampak tsunami Aceh, tidak hanya kawasan Asia Tenggara atau Benua Asia, negara di Benua Afrika pun tak luput dari bencana tersebut.

Melansir rri.co.id, Rabu (27/12/2023) tsunami dahsyat itu terjadi setelah terjadi gempa yang juga tak kalah dahsyatnya. Gempa terjadi sekitar pukul 07.59 WIB selama 10 menit dan berpusat di Samudra Hindia.

Berikut fakta-fakta saat Tsunami Aceh 19 tahun lalu itu:

  1. Gempa 9.1 SR - 9.3 SR
    Gempa akibat dua lempeng besar yang berada di bawah kulit bumi, lempeng Hindia dan lempeng Burma saling bergerak, berhimpit satu sama lain. Kekuatannya sekira 9.1 SR hingga 9.3 SR.
  2. Gempa Ketiga Terdahsyat di Dunia
    Bencana alam tsunami Aceh 2004 disebabkan oleh gempa ketiga terdahsyat yang pernah tercatat. Gempa yang menyebabkan tsunami ini berpusat di antara Simeulue dan Pulau Sumatera.

Tepatnya, di 160 km di radial 330 derajat dari Pulau Simeulue. Kedalaman gempa berada pada jarak 30 km di bawah permukaan laut.

  1. Durasi Gempa Terlama Dalam Sejarah
    Durasi gempa sebelum tsunami Aceh merupakan yang terlama sepanjang sejarah. Bumi bergetar hebat selama kurang lebih 8 sampai 10 menit. Usai gempa berhenti, air laut pun surut dari garis pantai di sejumlah negara terdampak gempa.
  2. Gelombang Setinggi 30 Meter
    Zona sesar penyebab tsunami memiliki panjang sekitar 1.300 km. Banyak saksi mata yang hidup menceritakan bahwa tinggi gelombang tsunami Aceh setinggi pohon kelapa atau sekira 30 meter (98 feet).
  3. Kecepatan Gelombang 360 Km/Jam
    Kecepatan gelombang tsunami Aceh mencapai 100 meter per detik atau 360 kilometer per jam. Dalam 30 menit terjangan gelombang tsunami yang meluluh-lantakkan sebagian wilayah pesisir Aceh.

Di laut dalam, gelombang bencana alam tsunami tak memiliki kekuatan yang besar, namun kecepatannya berakumulasi mencapai lebih dari 500-1.000 km/jam.

  1. Gelombang Sampai ke Afrika Selatan
    Menurut catatan yag dihimpun, gelombang tsunami mencapai Struisbaai di Afrika Selatan, 8.500 km dari pusat episentrum gempa di Simeulue. Yakni sekitar 16 jam setelah bencana alam gempa dengan tinggi gelombang 1.5 meter.
  2. Kurang Lebih 230.000 Orang Tewas
    Tercatat kurang lebih 230.000 nyawa tewas tersapu tsunami Aceh. Indonesia menjadi satu dari lima negara Asia yang mengalami kerusakan dan korban jiwa paling besar, kurang lebih merenggut nyawa sekitar 170 ribu orang.
  3. Kerugian Mencapai 4,5 Miliar Dollar
    Total nilai kerugian ditaksir menyentuh angka 4,5 miliar dolar AS. Kala itu yang membuat PBB menyatakan bahwa tsunami Aceh merupakan salah satu bencana kemanusiaan terbesar yang pernah terjadi.
  4. 15 Negara Terdampak
    Negara yang terdampak tsunami Aceh adalah Indonesia, Sri Lanka, India, Thailand, Somalia, Myanmar, Maladewa, Malaysia, Tanzania, Seychelles, Bangladesh, Afrika Selatan, Yaman, Kenya, dan Madagaskar.

Demikian fakta terkait tsunami Aceh, bencana alam yang terjadi pada 19 tahun yang lalu. Semoga bermanfaat. (Adelina)

Leave a comment