Tujuh Film Tentang Tsunami, dari Aceh hingga Norwegia, Tontonlah!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Selalu ada cerita dari sebuah bencana, bisa tragis, sedih, menginspirasi, dan sebagainya. Begitu juga dengan tsunami, seperti di Aceh, hingga diangkat menjadi sebuah film.

Ada film yang terinspirasi atau mengangkat latar peristiwanya, ada ada pula kisah nyata. Dan itu sah-sah saja, apalagi tsunami seperti di Aceh adalah bencana yang luar biasa.

Itulah sebab banyak film yang tercipta karena itu. Bahkan ada beberapa yang mengangkat peristiwa, seperti tsunami di Aceh, menjadi beberapa judul dan jenis.

Nah, melansir txuneo.com, Rabu (27/12/2023), berikut ini ada beberapa film yang bisa menjadi pilihan Anda. Semua film terakit dengan tsunami, baik di Aceh maupun belahan bumi lain.

  1. Hafalan Shalat Delisa (2011)
    Film ini mengambil latar tempat di desa Lhok Nga, Aceh. Dibintangi oleh Reza Rahadian dan Chantiq Schagerl ini. Disutradarai Sony Gaokasak dan rilis pada 22 Desember 2011 lalu.

Film ini mengangkat kisah seorang gadis ceria bernama Delisa yang berumur 6 tahun. Namun, takdir memaksanya kehilangan kaki kanan dan kehilangan saudara dan ibunya yang disebabkan oleh tsunami Aceh.

  1. Aceh: Beyond the Tsunami (2017)
    Aceh: Beyond the Tsunami merupakan sebuah film dokumenter Australia yang mengangkat kisah luar biasa dari para penyintas tsunami Aceh 2004.

Film ini disutradarai oleh Tim Baretto, sutradara asal Australia dan tayang perdana pada 17 Desember 2017 di Aceh lalu ditayangkan pada Januari 2018 di Australia.

  1. The Impossible (2012)
    Film ini disutradarai oleh Juan Antonio Bayona dan terinspirasi dari kisah nyata keluarga Spanyol, Enrique Alvarez dan Maria Belon, yang mengalami bencana tsunami di Thailand pada 2004 atau yang dikenal dengan tsunami Aceh.

Saat mereka menginap di sebuah villa tepi pantai, tanpa diduga, terjadi tsunami yang mengakibatkan terpisahnya keluarga tersebut.

  1. Heundae: The Deadly Tsunami (2009)
    Film ini menceritakan tentang bencana tsunami di distrik Heundae, Busan, Korea Selatan. Kisahnya berawal dari seorang tak pernah menyangka bahwa tsunami dan merenggut nyawa rekan kerjanya.

Di sisi lain, seorang ahli geologi menemukan tanda-tanda aktivitas janggal di Laut Jepang. Tanda ini sama persis dengan kejadian tsunami di Samudera Hindia yang merenggut ayah Yeon Hee 2004 silam.

  1. Krakatoa: The Last Days 2016
    Film mini series produksi BBC satu ini berjudul Krakatoa The Last Days atau sempat berganti judul menjadi Krakatoa Volcano Of Destruction saat tayang di Discovery Channel. Mini series ini tayang pada 2006 lulu.

Menceritakan tentang bencana tsunami diakibatkan oleh letusan Gunung Krakatau di Banten. Dengan genre dokudrama, sebagian besar plot ceritanya berdasarkan fakta dari catatan saksi mata, saat letusan gunung krakatau pada 26 agustus 1883 terjadi.

  1. San Andreas (2015)
    Film ini seorang pilot helikopter tim penyelamat Los Angeles Fire Department bertugas untuk menyelamatkan warga akibat bencana gempa bumi bermagnitudo 7.1 SR. Gempa ini menghancurkan Kota Los Angeles.

Gempa berskala tinggi ini juga disusul tsunami dahsyat yang dengan cepat menenggelamkan kota tersebut.

  1. The Wave (2015)
    Film ini mengisahkan tentang seorang ahli geologi yang telah memprediksi bencana akibat retakan di Gunung Akneset. Akhirnya gunung itu longsor, menciptakan tsunami setinggi 85 meter di Kota Geirenger, Norwegia.

Dengan latar belakang Kota Geirenger di Norwegia, film ini berhasil memukau penonton dengan keindahan alamnya. Dan, film bertema tsunami ini telah dirilis pada 2015 lalu.

Itulah tujuh film pilihan yang mengangkat kisah bencana tsunami. Semoga bermanfaat. (Adelina).

Leave a comment