10 Ide Menu Bakaran Murah dan Sederhana untuk Malam Tahun Baru, Hemat dan Praktis

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

TEGAL, Insidepontianak.com – Sedang mencari ide menu bakaran murah dan sederhana untuk meramaikan malam tahun baru? Berikut terdapat sejumlah pilihan menu masakan yang hemat dan juga praktis untuk dinikmati bersama kerabat di momen pergantian tahun nanti.

Deretan menu menu bakaran murah dan sederhana dapat menjadi alternatif bagi yang ingin merayakan tahun baru, namun memiliki budget terbatas. Meski simpel, pilihan masakan di bawah ini tentu lezat dan sangat menggugah selera.

Penasaran apa saja? Berikut sepuluh ide menu bakaran murah dan sederhana untuk pesta tahun baru. Dijamin hemat namun tetap enak!

  1. Nasi bakar
    Daripada hanya menyantap nasi putih, dengan bahan ini kamu dapat menciptakan hidangan yang jauh lebih lezat dengan mengolahnya menjadi nasi bakar. Apalagi, cara membuat nasi bakar sangat mudah. Kamu cukup menyiapkan ayam suwir berbumbu sebagai isian dan daun pisang sebagai pembungkusnya.
  2. Ayam bakar
    Menu ayam bakar rasanya menjadi hidangan yang wajib hadir di momen perayaan tahun baru. Cita rasa ayam bakar yang lezat tak perlu diragukan lagi, pasti diminati oleh semua orang.

Untuk mempermudah proses memasak, kamu dapat memilih ayam fillet. Opsi lainnya, belilah ayam frozen yang telah dibumbui agar lebih cepat dan praktis.

  1. Ikan bakar
    Selain ayam, ikan bakar juga merupakan salah satu masakan favorit pada pesta akhir tahun. Beberapa jenis ikan dengan harga terjangkau dan cocok untuk dijadikan menu bakaran antara lain ikan mujaer, nila, bawal, dan gurame.
  2. Beef slice
    Irisan daging sapi atau dikenal dengan sebutan beef slice juga dapat menjadi pilihan menu bakaran mewah yang tetap terjangkau. Agar lebih lezat, kamu dapat melumuri beef slice dengan berbagai jenis saus seperti saus rasa teriyaki dan lada hitam.

Akan semakin lengkap jika hidangan ini dimasak dengan bawang bombai dan disajikan bersama selada. Tekstur irisan daging yang lembut bercampur selada dan bawang bombay pasti menciptakan cita rasa yang lezat dan nikmat.

  1. Beef patty
    Pilihan menu lainnya berbahan daging yang tak kalah praktis adalah beef patty. Yup, biasanya bahan ini digunakan sebagai isian roti burger, bersama selada, tomat, dan sayuran lain.

Untuk menjadikannya sebagai menu bakaran, kamu cukup memanggangnya selama 3-5 menit saja. Sangat praktis, bukan? Kamu juga dapat menambahkan keju slice di atasnya untuk memperkaya cita rasa.

  1. Sosis
    Ide menu bakaran murah dan sederhana berikutnya adalah sosis bakar. Tentunya hidangan ini tak lepas dengan bumbu oles yang membuatnya semakin lezat.

Adapun resep bumbu oles yang mudah dan sederhana yaitu mencampurkan mentega dengan saus dan kecap manis.

  1. Bakso
    Kamu pasti sudah tak asing dengan jajanan bakso bakar di pinggir jalan bukan? Nah, kamu mensonteknya sebagai ide menu bakaran untuk melengkapi hidangan utama di pesta malam tahun baru mendatang.

Sama seperti cara membuat sosis bakar, cukup lumuri bakso dengan bumbu oles sebelum dibakar. Agar rasanya makin bervariasi, kamu juga dapat menggunakan bakso sapi dan bakso ayam.

  1. Roti
    Sebagai pelengkap hidangan yang kebanyakan cenderung gurih, masukkan roti bakar ke dalam list hidangan penutup di momen perayaan akhir tahun nanti. Untuk isian, cukup tambahkan meses, keju, maupun selai rasa lain yang sesuai dengan selera.
  2. Marshmallow
    Pilihan camilan manis lainnya yang bisa disajikan yaitu marshmallow. Jajanan manis satu ini dapat dipanggang sampai permukaannya berubah warna menjadi kecokelatan. Dengan diolah dengan cara seperti ini, marshmallow yang lembut dan kenyal pasti akan meleleh ketika dimasukkan ke dalam mulut.
  3. Jagung bakar
    Satu lagi menu yang sering hadir pada pesta malam tahun baru adalah jagung bakar. Agar terasa nikmat, pastikan untuk memilih jagung yang manis. Jangan lupa, olesi dengan mentega untuk menciptakan rasa gurih dan aroma wangi.

Mengingat pergantian tahun tinggal menghitung hari, kamu harus segera menetapkan jenis hidangan yang akan disantap agar memiliki cukup waktu untuk bersiap. Semoga ide menu bakaran murah dan sederhana di atas dapat membantumu dalam menentukan pilihan masakan untuk malam tahun baru nanti, ya! (Rizka) ***

Leave a comment