Sejarah Pacri Nanas khas Kota Pontianak Kalbar: Kuliner Sakral yang Gurih dengan Kuah Kental nan Lezat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Orang Melayu, terutama yang tinggal di Kalimantan Barat pastinya sangat mengenal kuliner satu ini, Pacri Nanas.

Faktanya, Pacri Nanas punya nilai sejarah panjang. Tak heran, jika kuliner khas ini masuk dalam jajaran warisan. Ini terbukti saat Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia menetapkannya pada tahun 2018 lalu.

Pacri Nanas merupakan masakan Melayu Pontianak yang terkenal dengan dan bertahan hingga saat ini. Dulu, Pacri Nanas biasanya disajikan saat ada acara khusus, seperti pernikahan atau acara sakral adat lainnya.

Pacri Nanas bahan utamanya adalah buah nanas dengan citra rasa manis, asam dan kuahnya yang kental sangat menggugah selera. Wajib untuk dicoba di rumah.

Sejarah Pacri Nanas di Pontianak dimulai pada tahun 1771 ketika diperdagangkan di lahan Simpang Tiga, Sungai Kapuas. Pacri Nanas adalah salah satu jenis sayur yang menjadi menu pelengkap dalam tata cara saji makanan tradisional Melayu Pontianak yang disebut prosesi makan saprahan.

Pacri Nanas terbuat dari nanas yang dipotong-potong, kemudian dimasak dengan bumbu sehingga berbau harum dan terasa segar dengan citra rasa asam, manis, gurih dan lezat.

Kini, Pacri Nanas tak hanya terkenal di Kota Pontianak saja, tapi di daerah Melayu lain seperti Medan, Palembang, Riau, Pontianak dan Banjarmasin.

Berikut resep Pacri Nanas khas Kota Pontianak:

Bahan-bahan

1 buah nanas
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
8 buah cabe kering
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 sdm ketumbar
3 buah kemiri
1/4 sdt jinten
1 telunjuk kayu manis
7 buah cengkeh
400 gr kelapa parut (500 ml air santan kekentalan sedang)
1/2 sdm garam
1 1/2 sdm gula pasir
1/4 sdm kaldu bubuk
1/4 sdm penyedap rasa

Cara Membuat

Langkah 1

Kupas nanas,buang bagian mata nanasnya,bila sudah bersih,cuci dengan air matang,lalu tiriskan.

Langkah 2

Siapkan bumbu,buang biji cabe kering,potong-potong lalu siram dengan air panas secukupnya sampai cabenya tenggelam, biarkan mengembang,lalu tiriskan dan tumbuk halus bersama bumbu lainnya.

Langkah 3

Rendam santan dengan air hangat kira-kira saja sampai kelapa parutnya sedikit terendam (jgn terlalu banyak) biarkan sejenak,lalu baru di peras,dan menghasilkan santan dengan kekentalan sedang.

Panaskan minyak goreng agak banyak (di sesuaikan banyaknya bumbu).
Lalu tumis bumbu,masukan cengkeh dan kayu manisnya. Baru masukan garam,gula pasir,kaldu bubuk dan penyedap rasa.
Aduk rata baru masukan santan.

Langkah 4

Aduk rata santan dengan api sedang,baru masukan nanas,aduk rata dan biarkan mendidih,dan santannya mengental.di rasa bila sudah pas,dan matang merata,angkat dan sajikan.

Demikian sejarah hingga resep Pacri Nanas yang bisa kamu coba buat untuk panganan bersama keluarga.(REDAKSI/W)

Leave a comment