Kamu Takut Saat Naik Pesawat? Berikut Cara Mengatasi Fobia hingga Teknik Relaksasi yang Ampuh

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Siapa yang jika naik pesawat selalu takut? Jangan khawatir ada cara efektif untuk menghilangkan rasa takut itu.

Mengutip KlikDokter.com, faktanya ada orang-orang yang memang takut saat naik pesawat. Padahal, naik pesawat tidak setakut atau seseram dalam pemikiran mereja yang was-was saat naik ke pesawat.

Ada beberapa cara yang bisa membantu mengurangi kecemasan. Beberapa orang takut naik pesawat karena pengalaman buruk sebelumnya atau rasa takut ruang tertutup tanpa akses keluar.

Dalam tinjauan psikolog, tidak ada penjelasan tunggal untuk fobia naik pesawat, tapi seringkali terkait dengan pengalaman traumatis atau kekhawatiran yang berkaitan dengan kondisi tertutup.

Namun, melalui langkah-langkah kecil seperti terapi atau teknik relaksasi, mungkin ada kemungkinan untuk mengatasi ketakutan tersebut.

Berikut mimin berikan cara-cara teknik relaksasi strategi:

  1. Ketahui Pencetus Rasa Takut Naik Pesawat

Dengan mengetahui pencetus rasa takut naik pesawat, Kamu dapat mempelajari dengan seksama bagaimana reaksi kecemasan bisa terpicu.

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi hal-hal spesifik yang menimbulkan kecemasan saat naik pesawat, sehingga Kamu bisa melakukan siasat untuk mengatasinya.

  1. Bepergian Bersama Keluarga atau Teman

Bepergian bersama anggota keluarga atau beberapa teman dapat mewarnai perjalanan Kamu. Dengan ini, Kamu dapat mengisi waktu dengan mengobrol dan bercerita selama di pesawat sehingga bisa melupakan rasa takut selama perjalanan.

Selain meredakan rasa takut, berbincang dengan rekan seperjalanan juga dapat mempererat hubungan yang terjalin.

  1. Melakukan Kegiatan Positif Selama di Pesawat

Isi waktu Kamu dengan aktivitas positif selama di perjalanan. Kamu dapat membawa sebuah novel untuk dibaca, mendengarkan musik dari gawai, atau menyaksikan film yang telah disiapkan sebelumnya.

Dengan melakukan berbagai kegiatan, Kamu akan sejenak melupakan rasa takut sehingga dapat menikmati penerbangan dengan nyaman.

  1. Pilihlah Waktu Terbang yang Paling Nyaman

Hal lain yang juga dapat Kamu lakukan untuk menyiasati rasa takut naik pesawat adalah menyesuaikan jadwal penerbangan dengan waktu istirahat.

Contoh, memilih pesawat yang terbang pada malam hari dan sampai di tempat tujuan pada pagi hari. Dengan begitu, Kamu dapat beristirahat di pesawat dan terbangun dengan segar untuk segera beraktivitas di tempat tujuan.

Apabila Kamu menghabiskan perjalanan dengan tidur, pikiran tidak akan tidak terpenuhi oleh rasa takut naik pesawat.

  1. Berkonsultasi dengan Pakarnya

Telah melakukan berbagai strategi untuk mengatasi rasa takut naik pesawat, namun hasilnya tidak begitu efektif? Ini saatnya Kamu berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut.

  1. Bayangkan Tempat yang Kamu Tuju

Membayangkan tempat tujuan yang kamu tuju dapat mengurangi rasa takut saat naik pesawat. Cara ini mampu membuat kamu berpikir hal-hal yang menyenangkan di destinasi tujuan akhir.

Misalnya tujuan akhir kamu adalah kampung halaman maka kamu dapat membayangkan keluarga yang sedang berkumpul dan menyambutmu.

So, dengan cara-cara di atas semoga bisa bermanfaat dan bisa mengatasi fobia ketika takut naik pesawat. Semoga bermanfaat. (***)

Leave a comment