Kue Bingke Berendam Pontianak: Kue Khas Pas untuk Oleh-Oleh dan Buah Tangan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Yuk kenalan dengan kue khas lokala atau kue tradisional yang paling banyak dibicarakan. Kue bingke berendam Pontianak Kalimantan Barat yang punya ciri dan rasa unik.

Kue bingke atau biasa akrab disebut kue bingke berendam Pontianak ini punya tekstur yang lembut, kenyal dan harum biasanya jadi oleh-oleh populer yang banyak direkomendasikan.

Rasa manis paling mendominasi kue bingke berendang khas Pontianak ini. Kmau bisa mencicipinya sepotong demi sepotong. Apalagi dengan topping yang beragam.

Kue bingke berendam Pontianak punya banyak rasa dan varian, sebut saja rasa original, rasa susu, rasa keju susu, rasa ubi dan banyak varian rasa lainnya. Pada dasarnya bingke memiliki 2 varian, yaitu bingke biasa yang teksturnya agak kering dan bingke berendam yang dimana teksturnya agak lembek dan basah.

Umumnya untuk mendapatkan rasa kue bingke berendam ini, adonan bingke dikukus. Yuk coba kue bingke berendam khas Pontianak yang bisa kamu buat di rumah. Jika pun mau beli pun tak mahal harganya berkisar dari Rp 16.000 hingga Rp 25.000.

Resep Bahan Bingke Berendam:

3 butir telur
150 gr gula pasir
1 butir kelapa, parut
30 lbr daun suji
2 lbr daun pandan

Cara Membuat bingke berendam :

  1. Campurkan kelapa parut dan daun suji, tambahkan dgn 300 ml air. Peras lalu saring. Sisihkan 250 ml santan daun suji tadi.
  2. Kocok lepas telur, tambahkan gula pasir, kocok lagi perlahan hingga gula melarut.
    3.Tambahkan santan daun suji, aduk rata.
  3. Olesi pinggan tahan panas dgn minyak goreng.
  4. Sendokkan adonan ke dalam pinggan.
  5. Ambil loyag 30 x 40 cm berbentuk bunga semanggi, tambahkan sedikit air. Rendam pinggan berisi adonan bingka, panggang selama 40 menit dgn suhu 150 derajat Celsius sampai matang.

So, bagi kamu yang ingin mencoba bisa langsung buat yaa. Jika ada yang membelinya, sejumlkah tempat oleh-oleh bisa kamu dapatkan. (REDAKSI)

Leave a comment