Operasi Pasar Perdana, Disperindag Lakukan Upaya Pengendalian Inflasi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dalam rangka menekan angka inflasi di Kalimantan Barat, Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Disperindag ESDM Kalbar melakukan operasi pasar di Kota Pontianak.

Kepala Disperindag ESDM Kalbar Syarif Kamaruzzaman menjelaskan jika operasi pasar pertama yang dilakukan di awal 2024 ini digelar di Pasar Flamboyan Kota Pontianak.

"Operasi pasar kali ini kami lakukan menjadi rutinitas dalam rangka menekan angka inflasi selain menstabilkan harga dan di awal tahun dimulainya operasi pasar yang kami gelar," ungkapnya, Selasa (23/1/2024).

Menurutnya operasi pasar yang dilakukan Disperindag ESDM di 2024 kali ini menjadi operasi pasar dengan tantangan yang lebih besar dibanding tahun 2023.

"Operasi pasar dengan tantangan berat karena di tahun 2023 lalu hanya 3 kawasan dengan angka inflasi tinggi. Singkawang Pontianak dan Sintang. Sementara 2024 ini tambahan dari Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang," paparnya.

Dijelaskan Syarif Kamaruzzaman jika ia memprediksi operasi pasar akan dilakukan hingga perayaan hari besar umat muslim dan memasuki Bulan Ramadan.

"Diprediksi upaya inflasi akan kami lakukan hingga lebaran dan saat ramadan tiba," terangnya.

Terhadap kawasan lain di Kalbar dengan angka inflasi rendah ditegaskan kembali olehnya jika pihaknya melihat melalui indeks perkembangan harga (IPH).

"Alhamdulillah koordinasi antara Pemprov dan Pemkab di 14 Kabupaten Kota tetap dilakukan sehingga upaya menekan angka inflasi selalu terjaga," tutupnya. ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment