Butuh Menyegarkan Tenggorokan? Yuk Coba Es Bongko Khas Pontianak yang Bikin Melek Harimu

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Cuaca panas tapi bingung mau nyemil apa? Jangan khawatir ada Es Bongko Pontianak. Kuliner manis ini bisa jadi pilihan kamu lho.

Es Bongko Pontianak juga punya nama selain Ce Hun Tian yang hits itu. So, tidak ada salahnya kamu mencoba si hijau manis menyegarkan ini.

Seperti saat ini, musim panas membuat dahaga harus terisi penuh. Nah, Es Bongko bisa jadi solusi dikala tenggorokan tercekik lantaran cuaca panas dan terik matahari.

Tak hanya itu, Es Bongko bisa jadi pilihan untuk menikmati waktu luang. Cemilan manis selalu jadi pilihan usai makan siang atau saat-saat tengah bersantai, baik bersama teman dan keluarga tercinta.

Es Bongko masuk kuliner manis dingin yang menyegarkan dan sangat mudah kamu temui di kota Pontianak. Bongko terbuat dari adonan tepung hunkwe yang memiliki tekstur lembut ketika disantap

Es Bongko Pontianak sangat pas jika disajikan di cuaca panas. Setidaknya sajian ini akan menghilangkan dahaga di tengah cuaca terik.

Es Bongko Pontianak ini dipadukan dengan kuah santan dan gula merah. Tapi, bagi kalian yang tidak mengkonsumsi santan bisa menggantinya dengan susu SKM sesuai rasa.

Nah, berikut resep Es Bongko Pontianak yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan

8 porsi

100 g sagu mutiara, rebus hingga matang
100 g daging buah nangka, potong-potong
es batu, secukupnya

Bongko
20 lembar daun pandan, potong-potong
8 lembar daun suji, potong-potong
600 ml air
125 g tepung hunkwe
400 ml santan kental
3 sdm gula pasir
¼ sdt garam
Kuah Santan, Rebus Hingga Mendidih
1,5 L santan encer
¼ sdt garam
2 lembar daun pandan, ikat simpul
Saus Gula Merah, Masak Hingga Gula Larut
300 g gula merah, sisir halus
100 g air
50 g gula pasir
2 lembar daun pandan, ikat simpul

Cara Membuat

30 menit

Bongko: Masukkan daun pandan, daun suji, dan air ke dalam blender. Proses hingga halus. Saring dan ukur airnya sebanyak 400 ml. Sisihkan.

Dalam panci, masukkan tepung hunkwe, santan kental, dan air daun pandan, aduk hingga licin. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk rata.

Masak campuran Bongko di atas api kecil hingga mengental dan meletup-letup. Angkat, tuang ke dalam cetakan atau loyang, ratakan. Diamkan hingga Bongko mengeras dan dingin. Potong-potong sesuai selera.

Penyajian: Letakkan potongan Bongko dalam mangkuk saji secukupnya. Tambahkan sagu mutiara, buah nangka, es batu, kuah santan, dan saus gula merah sesuai selera. Sajikan segera.

TIPS:
Gunakan api kecil saat memasak bongko agar adonan di bagian dasar tidak mudah hangus.

Nah, tidak susah bukan membuat Es Bongko khas Pontianak. Untuk bahan, bisa kamu dapatkan di supermarket maupun toko online. Selamat mencoba. (REDAKSI)

Leave a comment