Delapan Kuliner Pontianak untuk Kamu Para Traveller: Dari Mulai Jajanan hingga Kue Tradisional yang Uni dan Khas

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kota Pontianak kaya akan beragam kuliner unik dan bercitarasa tradisional masa lalu.

Kali ini mimin akan memperkenalkan jajanan hingga makanan khas Kota Pontianak yang tak ada di tempat lain, hanya ada di Kota Pontianak.

Ada delapan jajanan kuliner Pontianak yang mimin rekomendasikan untuk kamu coba. Tinggal kamu pilih saja yang mana yang kamu ingin cicipi.

Jika kalian ada yang ingin berkunjung ke Kota Pontianak, tak lengkap rasanya mencoba apa yang unik dan paling berkesan di kota tersebut.

Faktanya, Kota Pontianak menyimpan segudang kuliner yang membuat rasa kangen di lidah untuk kembali mencicipi.

Banyak kuliner perpaduan rasa lokal khas Melayu dan khas rasa Tionghoa yang kamu perlu tahu. Perpaduan budyaa ini lantas mnghadairkan citarasa unik yang tersaji dalam racikan rempah khas kuliner mereka.

Mengutip dari traveloka, ada kuliner khas Kota Pontianak yang wajib kamu list dalam daftar agenda perjalanan kamu ke Kota Pontianak. Di sini mimin merangkumnya menjadi delapan list kuliner Pontianak yang wajib kamu coba.

  1. Bubur Pedas

Bubur pedas tak asing lagi. Makanan ini merupakan bubur yang disajikan dengan bahan pelengkap lainnya. Yang membedakan bubur ini dengan bubur pada umumnya adalah topping dan bumbunya.

Bumbu pedas diberi topping sayuran seperti daun kesum, daun pakis, dan yang lainnya. Biasanya bubur ini juga disajikan bersama dengan teri kacang pedas. Bumbu bubur ini juga sangat khas dan kaya akan rempah-rempah.

Kamu bisa menjadikan bubur ini sebagai menu sarapan ketika di Pontianak. Cita rasanya yang pedas tentu cocok dengan kamu yang suka pedas. Tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas satu ini.

  1. Choi Pan

Nah, kalau ini disebut Choi pan atau Chai Kue. Ini merupakan makanan khas Pontianak ini cocok untuk kamu jadikan cemilan di sore hari. Kue ini cukup unik karena berbentuk seperti pangsit, namun isiannya lebih bervariasi.

Bagian luar dari choi pan ini terbuat dari tepung beras dan maizena sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal. Biasanya isiannya adalah kucai, rebung, bengkuang, kacang, dan talas.

Ada 2 jenis choi pan yang bisa kamu coba, yaitu kukus dan goreng. Walaupun digoreng, tapi makanan ini tidak kering melainkan hanya garing di bagian bawah saja. Kamu bisa memakannya dengan minyak bawang putih untuk meningkatkan cita rasanya. Mari kita coba.

  1. Pengkang

Satu ini juaranya karena unik dan hampir tak ada di daerah lainnya. Namanya pengkang. Pengkang merupakan kue yang hampir mirip dengan lemper dan terbuat dari beras ketan. Biasanya pengkang berisi daging ebi dengan cita rasa yang khas dan unik.

Pengkang sendiri dibungkung dengan daun pisang kemudian dibentuk menjadi segitiga lalu dicapit dengan bambu. Setelah dikukus pengkang akan dibakar sampai tercium bau harum. Sekali mencium baunya kamu pasti ingin mencobanya. Belum lagi, sambil uniknya yang bikin ketagihan.

  1. Sotong Pangkong

Namanya sotong pangkong. Agak unik kuliner Pontianak satu ini. Dari namanya sudah ketahuan bahwa kuliner satu ini terbuat sotong pangkong. Cara pengolahannya juga sederhana, yaitu sotong pertama-tama dibersihkan, kemudian dipanggang sebentar agar empuk.

Daging sotong yang sudah empuk kemudian dipipihkan dengan menggunakan palu. Pipihan daging sotong ini kemudian disuwir-suwir dan siap untuk dimakan.

Agar lebih enak, biasanya sotong pangkong disajikan bersama dengan sambal kacang. Selain untuk lauk, makanan ini juga bisa menjadi camilan, lho.

  1. Pisang Goreng Srikaya

Kuliner satu ini paling banyak dibicarakan, apalagi rasanya sudah menusantara. Tidak hanya di Pontianak saja, pisang goreng sebenarnya bisa kamu jumpai dengan mudah di mana saja. Namun pisang goreng Pontianak berbeda dengan pisang pada umumnya, lho.

Adonan tepung dan pisangnya sangat pas dan enak. Selain itu, setelah matang, pisang gorengnya akan disiram dengan saus srikaya.

Seiring berkembangnya zaman, sekarang ini pisang goreng khas Pontianak tidak hanya tersedia dengan rasa srikaya saja, tapi juga ada rasa lainnya. Kamu wajib mencoba pisang goreng ini ketika berlibur di Pontianak.

  1. Kue Bingka

Kuliner satu ini termasuk jajanan kue. Kue ini kue yang paling khas mencirikan rasa Kota Pontianak. Kue khas dari Pontianak yang wajib kamu coba, yaitu kue bingka. Kue ini berbentuk unik karena seperti bunga. Bingka Pontianak terbuat dari adonan tepung beras dan telur.

Ada 2 varian kue bingka di sini yaitu kue bingka orisinal yang tanpa kuah dan kue bingka dengan kuah. Kuah dari kue bingka ini terbuat dari gula aren yang dicampur dengan putih telur. Selain rasa ori, ada juga rasa durian, keju, dan yang lainnya.

  1. Lek Tau Suan

Hanya di Pontianak kamu bisa menemukan bubur kacang hijau kupas. Sekilas bubur ini terlihat seperti bubur beras, namun sebenarnya bahan utamanya adalah kacang hijau kupas.

Untuk mendapatkan kekentalannya, bahan pembuatannya dicampur dengan tepung tapioka. Biasanya bubur ini dimakan bersama dengan cakue kering. Bubur ini cocok untuk kamu jadikan sebagai menu sarapan maupun camilan pengganjal perut.

  1. Lempok Durian

Jajanan khas Pontianak terakhir yang wajib kamu coba adalah lempok durian. Tekstur dari jajanan ini sekilas memang seperti dodol, namun di dalamnya terdapat durian yang lezat.

Lempok durian pontianak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena dalam pembuatannya digunakan gula pasir sebagai bahan pengawet alami. Kamu pecinta durian wajib untuk mencoba jajanan ini ketika singgah di Pontianak.

Nah, demikian sajian kuliner khas Pontianak yang wajib kamu coba saat jalan-jalan ke Pontianak. Kalian bisa memilih mana kuliner yang memang kamu incar. Selamat mencoba. (REDAKSI)

Leave a comment