Mencoba Pengkang Khas Pontianak: Kuliner Tradisional dari Ketan yang Legit Menggigit

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Nama pengkang mungkin asing bagi sebagian orang Indonesia. Namun, tidak dengan orang Pontianak yang sangat akrab dengan kuliner satu ini.

Nama pengkang sangat unik di telinga. Padahal, pengkang sebenarnya adalah kuliner khas Pontianak yang namanya jadi perhatian ketika berburu oleh-oleh.

Pengkang adalah ketan dengan isian ebi gurih pedas dan bentuk yang unik ini tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Pontianak. Bentuknya menyerupai kerucut segitiga.

Untuk rasa, pengkang cukup unik. Saat menggigit kamu akan merasakan sensasi gurih legit ketan. Apalagi, udang ebi nan gurih dengan rasa pedas sambal kacang sebagai pelengkapnya. Sangat cocok dipadukan.

Pengkang ini cocok dijadikan menu santai saat mengundang tamu atau keluarga, baik acara pengajian hingga arisan keluarga.

Nah, tak lengkap rasanya jika mimin tidak membagikan resep pengkang khas Pontianak.

Bahan-bahan

6 porsi

400 g beras ketan, cuci bersih
200 ml santan kental
½ sdt garam
2 lembar daun pandan, ikat simpul
Daun pisang, untuk membungkus
20 bilah bambu ukuran 30 cm

Sambal kacang
Isi:
4 sdm minyak goreng
8 lembar daun jeruk, iris halus
2 sdt air asam jawa
1 sdm bawang putih goreng
100 g ebi, sangrai, haluskan
1 sdm cabai merah, iris, goreng

Bumbu, Haluskan:
6 butir bawang merah
4 buah cabai merah keriting
4 buah cabai rawit
2 sdt gula merah sisir
½ sdt garam

Cara Membuat

60 menit
Kukus beras ketan hingga setengah matang, angkat. Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan ketan, masak sambil diaduk hingga santan meresap. Angkat.

Masukkan beras ketan ke dalam dandang panas, kukus selama 30 menit hingga matang, angkat. Tumbuk ketan kukus sebentar supaya ketan lebih menyatu. Sisihkan.

Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum, masukkan air asam jawa dan ebi, aduk rata. Tambahkan bawang putih dan cabai goreng, aduk, angkat.

Siapkan selembar daun pisang, bentuk kerucut/contong. Masukkan 2 sdm ketan, tambahkan 2 sdt adonan ebi di tengahnya. Tutup dengan ketan di atasnya. Lipat daun ke dalam hingga berbentuk kerucut. Lakukan hingga semua bahan habis.

Satukan 2 bungkus pengkang saling membelakangi, lalu jepit dengan 2 bilah bambu, ikat kencang ujung bambu dengan tali agar pengkang tidak lepas.

Olesi daun pembungkus dengan sedikit minyak. Panggang di atas api hingga bau harumnya tercium, angkat. Hidangkan dengan sambal kacang.

TIPS:
Lemaskan daun pisang dengan cara memanaskannya di atas api langsung hingga warnanya berubah. Sehingga daun pisang menjadi lebih lentur dan tidak mudah sobek.

Bagaimana sobat Inside dan moms di rumah? Mudah bukan resep pengkang yang bisa dibuat di rumah. Selamat mencoba. (REDAKSI)

Leave a comment