Lempok Durian Pontianak: Jajanan Khas Tradisional yang Kerap Jadi Oleh-Oleh Wisatawan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Yuk kenalan dengan oleh-oleh khas Kota Pontianak yang wajib jadi buah tangan saat datang ke Kota Khatulistiwa ini. Namanya Lempok Durian.

Lempok Durian tak hanya terkenal di tingkat lokal saja, tapi juga sudah ke mancanegara. Terbukti, pusat oleh-oleh Kota Pontianak kerap diserbu wartawan asing untuk berburu jajanan unik ini.

Lempok Durian terbuat dari durian asli yang kemudian diolah, baik sekala rumahan atau industri dengan cara yang khusus hingga menjadi makanan unik.

Lempok Durian sangat mirip dengan dodol. Bedanya adalah bahan baku utama saja. Rasa legit, kenyal dan manis serta berbau durian identik dengan makanan khas Kalimantam Barat ini.

Bagi kalian yang datang ke Kota Pontianak, tak lengkap mencicipi kuliner satu ini. Jajanan satu ini sangat terkenal dan bisa Anda temukan di berbagai kota di Kalimantan Barat, terutama di Pontianak.

Mengutip ksmtour.com, tekstur dan warnanya yang sama membuat Lempok Durian juga disebut dodol durian. Namun, ternyata ada bedeanya lho. Perbedaan yang sangat mendasar. Perbedaan tersebut terletak pada bahan utama yang digunakan dalam proses pembuatannya.

Nah, Dodol durian dibuat dari bahan utama tepung beras, sementara durian hanya dijadikan sebagai pelengkap rasa. Sedangkan dalam pembuatan Lempok, durian dibuat dari 100% buah durian yang dicampur dengan gula dan sedikit garam.

Dalam proses Lempok Durian, daging durian di keluarkan dan di buang isinya. Setelah itu di campurkan bersama dengan gula dan garam secukupnya, lalu di masukan ke dalam kuali dan di masak. Pada proses memasaknya biasanya menggunakan kayu bakar, karena proses pengolahan ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk proses memasaknya semua bahan tadi di aduk terus menerus sehingga dapat matang secara merata. Selain itu api yang di gunakan tidak boleh terlalu besar, karena akan mempengaruhi cita rasa dari Lempok Durian tersebut.

Ketika adonan Lempok sudah mulai mengental, matikan api dan biarkan Lempok menjadi dingin dengan sendirinya. Lempok yang sudah dingin biasanya dikemas dengan menggunakan plastik.

Saol cita rasa dari Lempok Durian ini sangat unik. Selain aroma durian yang kuat, Lempok Durian memiliki rasa manis dan legit. Selain itu memiliki tekstur yang kenyal membuat sensasi yang berbeda saat di gigit. Selain sebagai jajanan khas, Lempok Durian bisa Anda jadikan oleh-oleh karena Lempok merupakan makanan yang tahan lama.

Di Kota Pontianak hampir semua pusta oleh-oleh menjual Lempok Durian ini karena rasanya yang legit, enak tapi juga membuat kangen untuk datang lagi ke Kota Pontianak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat Inside di rumah. (REDAKSI)

Leave a comment