Desa Parit Baru Sukses Kelola BUMDes dan Dijadikan Percontohan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, sukses mengembangkan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

BUMDes yang diberi nama Bintang Baru Utama itu, bahkan sudah berhasil mencatatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD untuk pemerintah desa.

Kepala Desa Parit Baru, Musa Abdul Hamid mengatakan, BUMDes Bintang Baru Utama baru berdiri di tahun 2019. Namun, telah menunjukkan kemajuan. Bahkan, jadi BUMDes percontohan.

"Di BUMDes kita mempekerjakan 38 orang. Semua pengurusnya sudah mendapat gaji di atas UMKR setiap bulan," kata Musa, Rabu (28/2/2024).

Salah satu yang menjadi ladang bisnis BUMDes Parit Baru adalah BUMDesnet, atau penyedia jaringan internet.

Saat ini, jaringan internet yang mereka sediakan telah mengaliri 450 rumah dan menjadi pemasok BUMDes yang cukup tinggi.

"Coba dihitung saja Rp180 ribu dikali 450 rumah. Artinya omzet yang didapat per tahun satu miliar ke atas," katanya.

Selain itu, BUMDes Parit Baru juga punya bisnis di ATK, hingga bisnis kebutuhan material bangunan. Inovasi inilah yang membuat BUMDes Bintang Baru Utama menjadi berkembang.

Di sisi pelaporan keuangan, BUMDes Bintang Baru Utama juga dinilai kategori baik. Pemerintah Desa Parit Baru pun terus memberikan dukungan modal untuk pengembangan unit usaha BUMDes mereka.

Untuk tahun 2024 ini, BUMDes Bintang Baru Utama akan membeli rumah toko atau ruko untuk kantor operasional.

"Jadi kita sekarang masuk BUMDes yang berkembang di Kubu Raya," ucap Musa.(andi)***

Leave a comment