Hadiri Musrenbang, Pj Gubernur Sampaikan Fokus Pembangunan Pemprov Kalbar di Kapuas Hulu

8 Maret 2024 15:54 WIB
Ilustrasi


KAPUAS HULU, insidepontianak.com - Pj Gubernur Kalbar, Harisson menyebut, ada beberapa hal yang menjadi fokus pembangun Pemerintah Provinsi Kalbar untuk masyarakat Kapuas Hulu. 

Di antaranya pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Hal tersebut disampaikan saat menghadiri Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah, Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2025. 

Kegiatan ini digelar di ruang sidang paripurna, DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (5/3/2024). Adapun fokus Pemprov Kalbar untuk pembangunan di Kapuas Hulu yakni, di bidang infrastruktur tetap menjadi prioritas. 

“Seperti pembangunan jalan, jembatan, dan jaringan telekomunikasi,” ucap Harisson. 

Ia memastikan, Pemprov Kalbar akan terus mengupayakan peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar, baik yang menjadi kewenangan Pemprov yang didanai melalui APBD maupun kewenangan pemerintah pusat yang terus didorong melalui usulan forum Musrenbang tingkat nasional.

Harisson mengatakan, kesiapan infrastruktur guna mendukung transformasi ekonomi dari yang sebelumnya berbasis SDA ke arah hilirisasi industrialisasi, sesuai dengan rumusan kebijakan pembangunan jangka panjang nasional dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. 

Untuk mendukung program hilirisasi itu, maka kesiapan infrastruktur jalan, energi, konektivitas antar wilayah serta infrastruktur dasar lainnya yang dibutuhkan masyarakat menjadi kunci.

"Kesiapan infrastruktur ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kapuas Hulu," ujar Harisson.

Selain infrastruktur, Harisson juga menekankan pentingnya pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Pendidikan dan kesehatan adalah kunci untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Oleh karena itu, kita perlu terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di Kapuas Hulu," ucapnya.

Di samping itu, Harisson juga menekankan fokus pembangunan tidak hanya seputar tiga sektor penting tersebut. Melainkan pemerintah daerah menurutnya juga harus memperhatikan sektor ketahanan pangan.

“Di samping kita memperhatikan pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, kita juga harus memperhatikan ketahanan pangan. Terutama untuk memperluas dan menjaga profuktivitas pangan, " pungkasnya.(andi)***


Tags :

Leave a comment