70 Mahasiswa Doktoral Manajemen FEB Untan Ikuti Workshop Statistik Penelitian Disertasi

8 Maret 2024 19:22 WIB
Ilustrasi
PONTIANAK, insidepontianak.com - Sebanyak 70 mahasiswa Doktoral atau S3 Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura mengikuti coaching clinik dan workshop statistik penelitian disertasi, Jumat (8/3/2024).

Kegiatan itu digelar di lantai 2 Gedung Pascasarjana FEB Untan. Workshop itu bertajuk: "Statistical Analysis Workshop for Dissertation Scholars: from Data to Insight". Menghadirkan narasumber ahli di bidang statistik, Dr Solimun.

Ketua Jurusan Manajemen, FEB Untan Heriyadi, mengatakan, program ini merupakan agenda rutin untuk pengembangan kapasitas mahasiswa.

"Banyak pilihan alat analisis, salah satunya ini yang paling banyak dipakai untuk disertasi," katanya.

Solimun, yang juga pembimbing mahasiswa S3, terutama dalam ranah statistik berharap, kegiatan workshop ini benar-benar diikuti mahasiswa dengan serius.

“Sehingga, nanti mereka bisa melakukan analisis statistik dengan benar, prosesnya benar, fundamentalnya juga benar," harapnya.

Ketua Program Studi  Doktor Ilmu Manajemen, Dr Maria Christiana I Kalis, menambahkan, kegiatan ini diikuti mahasiswa aktif tahun 2024 dari angkatan 5 sampai dengan 10 dengan total lebih kurang 78 orang.

"Dari lima angkatan ini, ada 1 angkatan paling bungsu yaitu angkatan 10, dan mereka masih di kelas dimana ada mata kuliah yang berkenaan dengan workshop ini," jelasnya.

Workshop ini, lanjut Maria digelar dua kali setahun untuk menjawab kebutuhan mahasiswa. Sebelum digelar, Prodi akan menanyakan tema apa yang dibutuhkan mahasiswa.

"Mendekati mereka akan menulis disertasi, tentu statistik menjadi suatu teknik yang dibutuhkan," ujarnya.

Ketua Himadim, Amirullah, juga menyampaikan, workshop ini sangat penting. Sebab penguasaan metode statistik analisis data kuantitatif adalah salah satu kunci keberhasilan penelitian disertasi.

“Pada kenyataannya masih  terdapat mahasiswa yang kesulitan dalam hal ini yang dipengaruhi keterbatasan pemahaman, minimnya pendampingan serta kurangnya praktik aplikatif yang menjadi kendala kami," paparnya.

Kegiatan ini, lanjut Amirullah menjadi solusi berharga dan menjawab kebutuhan mahasiswa dalam menyelesaikan disertasi.

"Kami berharap dapat memperdalam khususnya pengatahuan tentang statistik yang relevan dalam menyelesaikan disertasi," pungkasnya.***
Tags :

Leave a comment