Presma Untan Serukan Kawal Pilkada 2024, Para Kandidat Diminta Bertarung Gagasan

19 Maret 2024 19:36 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Badan Eksekutif Mahasiswa, atau BEM Universitas Tanjungpura, menyerukan semua pihak mengawal pesta demokrasi Pilkada 2024.

Mereka juga mengingatkan, Pemilu 2024 dengan berbagai kelemahan harus dievaluasi. Agar ada perbaikan. Sehingga pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak bisa lebih baik. 

"Pemilu 2024 telah berlalu dengan drama-drama kotor. Ini harus dijadikan pelajaran penting untuk kritis dan peduli terhadap integritas kontestasi demokrasi setiap lima tahun sekali," ucap Presiden Mahasiswa Untan, Radlial Anwar. 

Karena itu, marwah demokrasi Pilkada 2024 harus dijaga. Pertarungan ide dan gagasan mesti dikedepankan, agar politik transaksional tidak lagi berkembang. 

Karenanya, para kandidat kepala daerah, harus berani datang ke forum-forum diskusi, dan dialog bersama mahasiswa menyampaikan visi dan misinya untuk membangun daerah. 

"Kita ingin bedah visi-misi calon kepala daerah nantinya. Supaya masyarakat dapat menentukan pilihannya berdasarkan penilaian kapasitas dan kapabilitas dari setiap calon," ujar Anwar karib disapa. 

Sebagai Presiden Mahasiswa Untan, Anwar juga mengajak semua elemen masyarakat, terutama pemuda dan mahasiswa, aktif berpartisipasi menghidupkan ruang-ruang demokrasi publik. 

Dengan demikian, partisipasi aktif dalam Pilkada tidak hanya soal memilih pemimpin. Tetapi memastikan bahwa demokrasi benar-benar hidup dan berfungsi dengan baik.

"Kita ingin, hasil demokrasi menjadi jalan suara rakyat didengar dan dihargai dalam setiap proses pengambilan keputusan," pungkasnya.***

Leave a comment