Tips Manajemen Waktu untuk Mahasiswa Sibuk agar Tetap Berprestasi, Yuk Disimak!

28 Maret 2024 12:36 WIB
Muhmmad Iqbal, mahasiswa Untan yang punya segudang prestasi. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Dunia perkuliahan adalah suatu pengalaman yang sangat baru dan menantang bagi mahasiswa.

Selain harus belajar materi baru, mahasiswa juga harus mampu mengatur waktu dengan baik agar tidak terjebak deadline.

Tantangan mengatur waktu terkadang menjadi hal yang sulit bagi sebagian mahasiswa, terlebih jika memiliki aktivitas lain di luar perkuliahan.

Namun, sobat Insidepontianak.com tidak perlu khawatir. Berikut tips manajemen waktu dengan baik, ala Muhammad Iqbal, seorang mahasiswa yang punya banyak aktivitas di luar perkuliahan, namun memiliki prestasi yang tinggi. Yuk disimak!

1. Membuat To Do List

To do List adalah catatan jadwal pribadi, dengan membuatnya di malam hari,  lalu membuka atau mengecek to do list setiap pagi. Hal itu bisa menjadi rangkuman untuk menentukan prioritas mana yang akan dilakukan hari itu.

2. Prioritaskan Tugas Kuliah

Memiliki tugas yang banyak tentu menjadi hal yang lumrah bagi mahasiswa, namun dengan memprioritaskan tugas, berdasarkan kepentingannya dan fokus pada tugas-tugas yang paling penting terlebih dahulu untuk memastikan kamu tidak tertinggal.

3. Membuat Target Waktu

Memiliki target waktu sendiri dari yang diberikan oleh dosen, tentu mempermudah kita untuk mempunyai waktu luang yang lebih banyak, untuk mengerjakan hal lainnya.

4. Mengelola Stres

Stres menjadi faktor utama yang membuat mahasiswa kesulitan untuk mengelola waktunya dengan baik, oleh sebab itu pengelolaan stres sangat penting untuk dilakukan, caranya adalah menjaga kesehatan mental dan fisik, serta menjauhkan diri dari hal yang toxic.

Sekian informasi tips manajemen waktu, khusus untuk mahasiswa yang sibuk dengan kegiatan di luar perkuliahan, agar tetap berprestasi.  Semoga bermanfaat. (Nia)***

Leave a comment