Polda Kalbar Imbau Masyarakat Perhatikan Keselamatan Saat Berwisata di Momen Libur Lebaran

8 April 2024 20:50 WIB
Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya. (Net)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Momen libur lebaran Idul Fitri kerap dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata bersama keluarga.

Namun, Polda Kalbar mengingatkan masyarakat tetap berhati-hati dan waspada saat berwiasta. Kewaspadaan harus ditingkatkan. Jangan sampai terjadi insiden yang membahayakan.

Seperti yang pernah terjadi di momen libur lebaran 2023. Di mana insiden teragis dialami wisatawan bernama Ariyadi Jakaria.

Wisatawan itu meregangnyawa akibat tenggelam di tempat wisata Riam Parangek, Dusun Segonde, Desa Pisak, Kabupaten Bengkayang.

Karenanya, insiden ini harus jadi pelajaran. Keamanan saat berwisata harus benar-benar diperhatikan.

"Kita mengimbau masyarakat yang hendak berwisata alam, pantai agar tetap berhati-hati," imbau Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya, Senin (8/4/2024).

Orang tua yang membawa anaknya berwisata juga diminta meningkatkan pengawasan. Jangan biarkan anak-anak atau balita bermain di pantai tanpa pengawasan.

"Ketika di pantai, di sungai atau di manapun, harus diawasi benar-benar. Jangan sampai ada anak di luar pengawasan orang tua terjadi hal yang tak diinginkan," ujarnya mengingatkan.

Petit juga memastikan, tempat wisata bakal menjadi sasaran Operasi Ketupat 2024, dengan menyiapkan pos pelayanan dan pengamanan untuk melayani masyarakat.

"Masyarakat jika terdapat satu hal, terpisah dari keluarga atau lainya, silakan lapor kepada personel yang melakukan pengamanan di tempat-tempat wisata," ucap Petit. (Andi)***

Leave a comment