Pj Bupati Kayong Utara Ikut Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri, Ini Pesan Tito

22 April 2024 20:46 WIB
Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya didampingi Pj Sekda dan staf, ikuti rapat koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian membahas tentang pengendalian inflasi, Senin (22/4/2024). (Istimewa)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya turut mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi bersama Mendagri, Tito Karnavian, Senin (22/04/2024).

Dalam rakor ini, Mendagri Tito menyampaikan perang timur tengah mempengaruhi peningkatan perekonomian dunia.

Namun, ia memastikan, inflasi di Indonesia bersifat landai. Meski begitu, ia meminta seluruh kepala daerah tetap mewaspadai dampak ekonomi akibat dinamika geopolitik yang terjadi saat ini.

"Semua daerah agar dapat menekan angka inflasi dengan rumus rumus penurunannya. bulan April 2024 minggu ke-3 inflasi terkendali bukan hanya momentum idul fitri, perang dan bias dolar mempengaruhi kenaikan ekonomi dunia baik import maupun eksport," kata Tito.

Tito menyampaikan, produksi dalam negeri dari sektor pertanian dan pangan juga mempengaruhi turun naik inflasi.

Selain itu, situasi bencana kekeringan juga mempengaruhi ketidakstabilan ekonomi. Karenanya, Mendagri meminta seluruh pemerintah daderah duduk bersama dengan BAPANAS, dalam penanganan bencana nasional.

Tito menyampaikan BAPANAS dapat melakukan intervensi terhadap daerah yang surplus produksi perttanian.

“Kita harus siapkan dari hulu hingga ke hilir karena yang dilakukan ini sifatnya seperti memadamkan api kebakaran,” pesannya.

Kepala daerah dan Forkopimda diminta kerja nyata untuk meningkatkan produksi pertanian dalam negeri. Agar ancaman krisis pangan dapat diatasi.

“Buatlah perencanaan dengan baik, kontrol realisasi dan distribusi komoditas pangan, oleh karena itu kementerian perdagangan perlu memiliki kekuatan penuh," papar Tito.***

Leave a comment