Sekda Ketapang Yakin Pelabuhan Tembiluk Berikan Multiplier Effec Bagi Perekonomian

26 April 2024 11:23 WIB
Sekda Ketapang, Alexander Wilyo memimpin rapat koordinasi pentaan dan pengelolaan Pelabuhan Tembeliuk, Senin (22/4/2024). (Istimewa)

KETAPANG, insidepontianak.com – Sekda Ketapang, Alexander Wilyo berharap, Pelabuhan Tembeliuk, dapat dikelola secara optimal, agar bisa meyumbang PAD bagi Pemerintah Kabupaten Ketapang.

Sebgaimana diketahui, Pelabuhan Tembeliuk yang berada di Kecamatan Muara Pawan dibangun oleh Kementerian Perhubungan.

Pelabuhan ini sudah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Ketapang untuk dikelola dan difungsikan.

Alexander Wilyo mengatakan, penataan pelabuhan perlu dilakukan sebelum pelabuhan diporasikan.

"Setelah kita kaji dan kita tinjau, aset Pelabuhan Tembiluk tersebut memang sangat luar biasa. Bisa memberikan multiplier effect untuk perekonomian masyarakat Kabupaten Ketapang,” kata Alexander Wilyo, saat memimpin rapat koordinasi rencana penataan dan pengelolaan Pelabuhan Tembeliuk, Senin (26/4/2024).

Ia meyakini, Pelabuhan Tembiluk nanti akan digunakan banyak pihak. Bahkan, beberapa perusahaan sudah menghubunginya, dan menanyakan kapan operasional pelabuhan dimulai.

"Keran itu, jika bisa dikelola dengan baik, Pelabuhan Tembiluk ini akan memiliki daya ungkit dan peluang yang sangat besar bagi PAD," ucap Sekda.

Ia memastikan, Pemerintah Kabupaten Keteapang akan memanfaatkan peluang ini, supaya Pelabuhan Tembiluk itu bisa dikelola oleh Dinas Perhubungan.

"Kalau ini bisa dilakukan, kita baru bisa mulai memploting di dalam APBDP 2024, termasuk di ABPD 2025,” katanya.

“Jadi harus ada skenario penganggaran atau skenario pembiayaan. Setelah menyelesaikan terkait dengan bangunan fisiknya juga akan membahas masalah lembaga pengelolanya," sambungnya.(Fauzi)***

Leave a comment