Gempa Magnitudo 3.2 Guncang Kabupaten Sanggau, Warga Sekayam-Noyan Rasakan Getaran

7 Mei 2024 20:18 WIB
Gempa magnitudo 3.2 menggetarkan sebagian wilayah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat pada Selasa 07 Mei 2024 sekitar pukul 16:50:01 WIB.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Gempa magnitudo 3.2 menggetarkan sebagian wilayah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat pada Selasa 07 Mei 2024 sekitar pukul 16:50:01 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menyebutkan gempa bumi terletak pada koordinat 0,60° LU ; 110,43° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 52 Km Barat Laut Sanggau Kalimantan Barat pada kedalaman 10 km.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan lokal," kata Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Rasmid dalam laporannya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan melalui Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC), Tridibyo membenarkan laporan tersebut.

Menurut Tridibyo, getaran akibat gempabumi dirasakan masyarakat di Kecamatan Sekayam dan Kecamatan Noyan.

"Getaran dirasakan di balai karangan, Sungai Daun, dan Noyan," kata Tridibyo saat dikonfirmasi insidepontianak.com. 

Berdasarkan pantauan lapangan TRC BPBD Kabupaten Sanggau, getaran sedang mengakibatkan benda-benda berbatasan hingga bangunan rumah retak.
"Sementara dampak dari gempa baru ada laporan dari balaikarangan ada rumah yg dindingnya retak dan masih kita dalami," ucapnya.

Atas peristiwa itu, masyarakat diiimbau agar tetap tenang. Serta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tutupnya. (ans)


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : -

Leave a comment