Dishub Sambas Bersama Satlantas Ramp Check Kendaraan Angkutan Umum, Temukan Banyak Sopir Abai Aturan

17 Mei 2024 21:23 WIB
Dishub Sambas bersama Satlantas Polres Sambas gelar pemeriksaan atau ramp check kendaraan angkutan roda empat, di Terminal Sambas dan Jalan Raya Lingkar Kartiasa, Jumat (17/5/2024). (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Dinas Perhubungan Sambas bersama Satlantas Polres Sambas gelar pemeriksaan atau ramp check kendaraan angkutan roda empat, di Terminal Sambas dan Jalan Raya Lingkar Kartiasa, Jumat (17/5/2024).

Sekretaris Dishub Sambas Deni Andriansyah mengungkapkan, hasil ramp ceck kali ini temukan banyak sopir abai aturan.

Seperti, membawa penumpang atau angkutan melebihi kapasitas, dan kendaraan yang digunakan belum melengkapi uji kelayakan.

“Kami berharap dengan adanya pemeriksaan ini, para pengemudi dan pemilik kendaraan lebih disiplin dalam mematuhi aturan lalu lintas,” pesannya.

Kasat Lantas Polres Sambas, Iptu Yunita Puspita Sari menambahkan, ramp check kendaraan angkutan umum merupakan kegiatan penting yang rutin dilakukan.

Tujuannya untuk menertibkan kendaraan roda empat angkutan umum agar mematuhi aturan-aturan kelayakan kendaraan. Dengan demikian, diharapkan potensi kecelakaan lalu lintas akibat kerusakaan kendaraan bisa diminimalisir.

Adapun kegiatan ramp check ini meliputi pemeriksaaan surat-surat kendaraan, kondisi fisik kendaraan, dan memeriksa kelayakan sopir.

“Pemeriksaan ini merupakan salah satu upaya kita meningkatkan keselamatan penumpang, dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan di jalan,” katanya.

Selain itu, kegiatan ramp check kendaraan ini juga dapat menjadi sarana edukasi bagi para pengemudi angkutan umum, tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas dan menjaga kondisi kendaraan secara berkala.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar