DAD Sambas Harap Festival Gawai Naik Dango Jadi Atensi Seluruh Pihak

27 Mei 2024 09:08 WIB
Foto bersama DAD Sambas, bersama Bupati Sambas dan Stakeholder Terkait Saat Pembukaan Festival Gawai Naik Dango di Kabupaten Sambas, Minggu (26/5/2024) (Insidepontianak.com/Antonia Sentia)

SAMBAS, insidepontianak.com - Dewan Adat Dayak atau DAD Sambas, harap Festival Gawai Naik Dango menjadi atensi para pemangku kebijakan.

Ketua DAD Kabupaten Sambas, Bonifasius Boni, mengungkapkan bahwa perayaan Gawai Naik Dango merupakan sebuah rahmat yang telah diberikan oleh Tuhan.

“Dalam beberapa istilah Gawai Naik Dango, Barape Sawa, Ngabayant, kita sudah diberikan kelimpahan dan kebaikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai bagian dari tiga etnis besar di Kabupaten Sambas,” ucapnya.

Ia mengungkapkan bahwa, masyarakat dayak di Kabupaten Sambas mengalami pasang surut kehidupan dalam pembangunan.

Sehingga ia berharap melalui festival ini seluruh pemangku kebijakan turut aktif berpartisipasi memberikan atensi terhadap masyarakat dayak di Kabupaten Sambas.

“Dalam momen gawai ini mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh elemen pemerintah daerah, eksekutif, legislatif dan yudikatif, bagaimana caranya membuat masyarakat dayak jadi sejajar dengan suku bangsa yang lain yang ada di Kabupaten Sambas,” katanya.

Ia juga mengimbau agar kegiatan Festival Gawai Naik Dango yang ke- XVII berjalan dengan aman dan kondusifi.

“Bersama-sama berkolaborasi dengan TNI polri dan pengamanan sipil lainnya Kita kawal keamanan ketertiban baik selama gawai dan selama tahun politik di tahun 2024,” tuturnya.

Selanjutnya, ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sambas, Satono yang telah memberikan hibah kepada DAD terkait pembangunan Ramin Bantang Nek Riuh.

“Terima kasih Pak Bupati, telah membantu memperluas lokasi Ramin Bantang kita yang pada hari ini juga akan diresmikan,” pungkasnya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment