DPRD Kalbar Minta Tiga BUMD Tinjau Ulang Target Dividen untuk Tambah Kontribusi PAD

3 Juni 2024 10:37 WIB
Ketua DPRD Kalbar, M Kebing L. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - DPRD Kalbar, memberikan catatan penting terhadap tiga BUMD Pemprov Kalbar. Ketiga BUMD itu di antaranya, Bank Kalbar, Perusda Aneka Usaha dan PT Jamkrida.

Ketiganya diminta meninjau ulang target dividen agar bisa menambah kotribusinya dalam peningkatan pendapatan asli daerah atau PAD. 

Catatan ini disampaikan dalam rekomendasi DPRD Kalbar terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemprov Kalbar Tahun Anggaran 2023.

Teruntuk Bank Kalbar, DPRD menekankan pentingnya penetapan target dividen agar berpedoman pada standar tertinggi dari OJK.

"Selanjutnya, Bank Kalbar juga diharapkan menyelesaikan laporan kredit macet agar dana operasional tidak mengendap pada kredit macet tersebut," kata Ketua DPRD Kalbar, M Kebing L belum lama ini. 

Tak hanya itu, Bank Kalbar juga diharapkan membuka layanan pembayaran pajak pada kantor cabang pembantu di setiap kecamatan, serta memberikan kesempatan lebih banyak kepada UMKM untuk mendapatkan kredit. 

Apapun PT Askrida juga sama. Diminta meninjau ulang kembali penetapan target dividen, dengan berpedoman pada standar tertinggi dari OJK seperti Bank Kalbar.

Sedangkan Perusda Aneka Usaha didesak menyelesaikan persoalan penguasaan aset dari pihak lain, dan juga ditekankan meninjau ulang penetapan dividen untuk menambah kontribusi pada peningkatan PAD Kalbar.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment