Pemkab Sambas Distribusikan Benih Padi untuk Petani, Bupati Satono Harap Bisa Tingkatkan Produksi

4 Juni 2024 14:46 WIB
Bupati Satono serahkan bantuan bibit benih padi inpari nutrizinc secara Simbolis kepada perwakilan Gapoktan. (Insidepontianak.com/ Antonia Sentia)

SAMBAS, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Sambas melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, distribusikan bantuan benih padi inpari nutrizinc sebanyak 25 ton untuk gapoktan.

Bibit padi itu bantuan dari PT Sang Hyang Seri Indonesia. Penyalurannya disalurkan secara simbolis oleh Bupati Satono kepada tujuh perwakilan gapoktan Sambas.

Bupati Satono berharap, batuan benih padi ini bisa membantu para petani meningkatkan kualitas pangan. Sehingga Sambas bisa menjadi pengahsil beras terbesar di Kalbar.

“Oleh sebab itu, penting benih bibit padi yang berkualitas untuk meningkatkan hasil panen kita,” ucapnya.

Ia menyebutkan, saat ini memang sedang terjadi kelangkaan terhadap benih dah pupuk, namun Pemerintah Kabupaten Sambas terus mengupayakan pupuk dan benih tersedia.

“Pupuk itu sudah kita distribusikan untuk para petani, namun masalah kendalanya biasanya di jalan, apakah sampai atau tidak kepada petani, kita sudah upayakan hal itu,” ucapnya.

Ia berharap, ke depannya permasalahan distribusi pupuk yang tidak tepat sasaran ini tidak terulang lagi.

“Bupati tidak bisa bekerja sendiri, karena itu sinergi kolaborasi sangat penting,” pesannya.

“Saya minta tolong betul-betul yang bisa dikomunikasikan sampaikan langsung kepada saya. Saya sangat terbuka terkait pertanian ini,” katanya.

Bupati Satono juga berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga dan merawat segala bentuk bantuan yang diberikan pemerintah terkait sektor pertanian.

“Mudah-mudahan segala bantuan mesin pertanian dan segala macam dari pemerintah dapat dirawat sehingga tidak cepat rusak,” pesannya.

Supriadi, Ketua Gapoktan Terigas Salatiga mengungkapkan, dengan adanya bantuan benih padi ini sangat membantu para petani.

“Sangat membantu dan mendorong sektor pertanian para petani,” katanya.

Ia berharap ke depannya sektor pertanian di Kabupaten Sambas semakin meningkat dan para petani menjadi sejahtera.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment