KIM Diharap Jadi Mitra Pemerintah dalam Penyampaian Informasi Pembangunan ke Masyarakat

27 Juni 2024 20:54 WIB
Foto bersama para peserta kelompok informasi masyarakat atau KIM dalam kegiatan pengembangan dan pemberdayaan yang digelar oleh Diskominfo Kalbar. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemerintah Provinsi Kalbar, mendorong Kelompok informasi masyarakat atau KIM, agar menjadi garda terdepan menyampaikan iformasi program pemerintah kepada masyarakat desa.   

“Terutama untuk hal-hal yang baik dan untuk proses pelaksanaan pembangunan,” pesan Staf Ahli Gubernur Kalbar, Bidang Hukum dan Politik, Natalia Karyawati, saat membuka kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan KIM, Kamis (27/6/2024).

Kegiatan ini digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kalbar. Dengan tema: “Peran KIM dalam Diseminasi Informasi.”

Natalia menyebut, kegiatan ini merupakan program turunan yang bersinergi dengan program Kementerian Kominfo.

Bertujuan untuk menjawab tantangan saat ini dalam penyebarluasan informasi maupun edukasi bagi masyarakat. 

Adapun kelompok informasi masyarakat dibentuk sebagai mitra pemerintah, untuk menjembatani penyebarluasa  informasi dan edukasi yang baik, serta mempromosikan program pemerintah.

Selain itu, mereka juga bisa menjadi penampung aspirasi masyarakat desa untuk disampaikan kepada pemerintah daerah.

“Karena itu, kami harapkan semua perangkat daerah terkait bisa mengambil bagian dalam kegiatan ini dan memanfaatkan kehadiran KIM,” ajaknya.

Pelaksana harian ataua Plh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalbar, Marwan Seregar, kelompok informasi masyarakat termasuk salah satu pemangku kepentingan yang merupakan mitra pemerintah yang memiliki potensi sebagai jejaring dalam diseminasi informasi publik.

Dengan adanya pengembangan dan pemberdayaan KIM yang secara rutin dilaksanakan, diharapkan dapat mendorong peningkatan kapasitas KIM sebagai mitra pemerintah dalam membantu menyebarkan informasi yang positif kepada masyarakat.

“Melalui KIM, informasi dan edukasi dapat disebarluaskan secara efektif ke seluruh lapisan masyarakat, khususnya di tingkat desa dan kelurahan,” ucapnya.***


Penulis : Ril
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment