Pemprov Kalbar Sampaikan Rancangan KUA-PPAS APBD Tahun 2025 ke DPRD Kalbar

9 Juli 2024 12:06 WIB
Pj Sekda Kalbar, Mohammad Bari menyampaikan Rancangan KUA-PPAS APBD Tahun 2025 ke DPRD, Selasa (9/7/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, menyampaikan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Sementara atau KUA-PPAS Tahun Anggaran 2025 kepada DPRD Kalbar, Selasa (9/7/2024). 

Rancangan KUA-PPAS APBD 2025 itu disampaikan dalam sidang paripurna yang digelar DPRD Kalbar.

Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Kalbar, M Kebing L dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur, Syarif Amin Muhammad dan Yuliana. Paripurna juga dihadiri Pj Sekda Kalbar, Mohammad Bari

Pj Sekda Kalbar, Muhammad Bari mengatakan, KUA-PPAS tersaji informasi mengenai capaian kinerja, sasaran dan plafon anggaran sementara APBD yang mencakup kondisi ekonomi makro daerah, asumsi dalam penyusunan APBD, kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah. 

Bari menyebut, tujuan dari kebijakan yang berkaitan dengan target pendapatan, baik yang berasal dari PAD, pendapatan transper, lain-lain pendapatan yang sah. 

Di samping itu, merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan bidang belanja yang terdiri dari belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga, dan belanja transfer. 

Sementara pertumbuhan ekonomi Kalbar tahun 2025 telah diproyeksikan didalam RPD tahun 2024 sampai dengan 2026 dengan target capaian 5,12 sampai dengan 5,65 persen. 

Adapun volume APBD tahun 2025 ditargetkan sebesar Rp6.017 triliun dengan anggaran pendapatan ditargetkan sebesar Rp5.817 triliun dengan rincian sebagai berikut:

Pertama, pendapatan asli daerah (PAD) ditargetkan sebesar 2,7 triliun.

Kedua, Pendapatan transfer sebesar Rp2 triliun, dan pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp2,5 miliar. 

Ketiga, lokasi belanja ditargetkan sebesar Rp5,9 triliun, dengan rincian belanja operasional Rp4,2 triliun, belanja pegawai sebesar Rp2, 1 triliun, belanja barang dan jasa sebesar Rp1,9 triliun, belanja hibah sebesar Rp168 miliar, belanja modal, Rp821 miliar. 

Ketua DPRD Kalbar, M Kebing L menyampaikan terim akasih kepada Pemprov Kalbar yang sudah menyampaikan KUA-PPAS APBD Tahun 2025.

"Selanjutnya naskah KUA-PPAS akan diterusin ke badan anggaran untuk pembahasan lebih lanjut," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment