DPRD Kalbar Nilai Kinerja Harisson Baik, Delapan Fraksi Setuju Usulkan Kembali sebagai Pj Gubernur

8 Agustus 2024 10:10 WIB
Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Barat, Prabasa Anantatur menilai, sosok Harisson dinilai figur terbaik untuk melanjutkan pembangunan di masa transisi pemerintahan saat ini.

Karenanya delapan fraksi DPRD Kalbar setuju mengusulkan Harisson untuk diperpanjang masa jabatannya sebagai Pj Gubernur Kalbar. 

"Jadi bulat, delapan fraksi mengusulkan pak Harisson sebagai calon tunggal," kata Prabasa Anantatur. 

Prabasa mengatakan, dalam aturan yang ada, DPRD Kalbar bisa saja mengusulkan lebih dari satu tokoh. Tapi, semua fraksi bulat mengusulkan hanya satu nama. Sebab, Harisson dinilai sebagai figur yang berpengalaman, pernah menjabat sebagai Sekda Kalbar. 

"Karena itu, fraksi-fraksi DPRD sepakat untuk beliau kembali melanjutkan pemerintahan. Keputusan DPRD kemudian akan kita sampaikan ke Menteri Dalam Negeri," terangnya. 

Untuk diketahui, Harisson telah menjabat hampir satu tahun sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat. 

Ia dilantik Kementerian Dalam Negeri pada 5 September 2023 menggantikan Gubernur Kalbar periode 2018-2023, Sutarmidji. 

Selama menjabat Harisson menorehkan sejumlah prestasi. Terbaru ia kembali berhasil membawa Kalbar masuk 10 besar pengendalian inflasi terendah di Indonesia.

Keberhasilan ini mendapat apresiasi pusat dan Kalbar mendapat alokasi insentif fiskal tahun anggaran 2024 pertama sebesar Rp5,2 miliar.

Pencapaian yang membanggakan ini diraih berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 295 Tahun 2024 yang diberikan kepada 50 pemerintah daerah. 

Dari 10 daerah dengan inflasi terendah, Kalbar menempati posisi terendah ke-6 secara nasional dengan capaian inflasi di angka 1,58 persen pada bulan Juli, dengan rata-rata inflasi nasional saat ini berada di angka 2,13 persen.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar