Berpartisipasi di 11 Cabang Olahraga, Pj Gubernur Kalbar Lepas Kontingen Peparnas

23 September 2024 20:19 WIB
Pj Gubernur Kalbar Harisson

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Gubernur Kalbar Harisson melepas Kontingen Persiapan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) ke- 17 Tahun 2024 ke Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah.

Pelepasan bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional ke- 41 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Senin (23/9/2024).

Kalimantan Barat akan berpartisipasi dalam 11 cabang olahraga di Peparnas 2024, antara lain para atletik, para renang, para panahan, para tenis meja, para badminton, boccia, para angkat berat, hingga catur. 

Persiapan intensif juga telah dilakukan sejak akhir tahun lalu dengan menggelar pemusatan latihan di Pontianak.

Pj Gubernur Kalbar Harisson menyampaikan bahwa peluang dalam kemenangan itu perlu kompetensi dan strategi.

Harisson memberikan penghargaan yang  setingginya kepada KONI Kalimantan Barat yang telah membawa atlet Kalimantan Barat berjuang di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh-Sumatera.

"Saya ingin adek-adek (Atlet) Paralimpiade yang nantinya akan berlaga di Provinsi Jawa Tengah benar-benar berjuang dengan sebaik baiknya dan membawa prestasi yang sebaik-baiknya," ungkapnya.

Kemudian pada Pelepasan Peparnas ke- 17 Tahun 2024 ke Provinsi Jawa Tengah, Orang nomor satu di Kalimantan Barat mengungkapkan bahwa untuk atlet Paralimpiade ini dirinya tidak khawatir karena daya juangnya memang hebat.

Diakuinya jika atlet Paralimpiade ini tidak khawatir karena daya juangnya itu memang hebat.

"Walaupun tidak dilepas oleh Gubernur atau Penjabat Gubernur pada saat berangkat bertanding tetap berprestasi. Jadi saya harapkan para atlet benar-benar mampu berjuang dan tunjukan bahwa Kalimantan Barat ini bisa menduduki ranking, paling tidak 7 besar," harapnya.

Tak hanya itu, Harisson juga nantinya berencana akan berkesempatan untuk hadir membakar semangat para atlet Paralimpide yang akan berjuang di Provinsi Jawa Tengah Kota Solo tersebut.

"Pokoknya kita harus benar-benar bisa berprestasi, Insya Allah saya dengan pak Sekda nanti akan berkunjung kesana untuk membakar semangat. Mudah-mudahan dengan kedatangan kami, semangatnya tambah terbakar, menyala atlet - atletku," ucapnya sembari membakar semangat para atlet.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari,menyampaikan bahwa setiap tahunnya Bangsa Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional yang pada tahun ini telah memasuki peringatan ke-  41. 

Penetapan HAORNAS didasari pada Pembukaan Pekan Olahraga Nasional Pertama di Solo, pada tanggal 9 September 1948. Peringatan Hari Olahraga Nasional setiap tahun menjadi sebuah pengingat bagi masyarakat Indonesia untuk kebangkitan olahraga yang sistematis dan berkelanjutan di Indonesia.

Adapun tema peringatan Hari Olahraga nasional ke-  41 Tahun 2024 ini yaitu “Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara”. 

Tema tersebut tentunya mengandung makna filosofi sebagai perwujudan Visi Pembangunan Keolahragaan untuk bersama-sama berkomitmen mewujudkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga dan peningkatan kebugaran masyarakat sehingga mampu menghasilkan calon-calon olahragawan berprestasi kelas dunia.

Perkembangan pembangunan keolahragaan di Provinsi Kalimantan Barat. Berdasarkan laporan indeks Pembangunan Olahraga, indeks Pembangunan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat pada Tahun 2023 yang lalu mengalami peningkatan menjadi 0,451. 

Capaian tersebut menempatkan Provinsi Kalimantan Barat berada di peringkat 2 secara nasional di bawah Provinsi Sulawesi Utara. 

"Dalam halnya dengan tingkat partisipasi masyarakat Kalimantan Barat untuk berolahraga meningkat menjadi 0,421 jika dibandingkan dengan capaian tahun  2022 sebesar 0,312," jelas Windy. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar