PLN UID Kalbar Lakukan Pemadanan Data Pelanggan di 5 Unit Pelayanan Pelanggan

8 Oktober 2024 18:44 WIB
Petugas sedang melakukan pemadanan data pelanggan di salah satu rumah pelanggan di Kota Singkawang.

PONTIANAK, insidepontianak.com - Melakukan pemadanan data pelanggan secara serentak dilakukan PLN UID Kalimantan Barat melaui 5 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yaitu UP3 Pontianak, UP3 Mempawah, UP3 Sanggau, UP3 Singkawang dan UP3 Ketapang.

Survey ini dilakukan dengan berkunjung ke rumah-rumah warga yang merupakan pelanggan di bawah wilayah kerja PLN UID Kalimantan Barat.

General Manager PLN UID Kalimantan Barat, Joice Lanny Wantania mengucapkan terima kasih atas bantuan masyarakat khususnya Pelanggan PLN yang membantu Petugas dan Pegawai kami di lapangan dalam proses Pemadanan Data Pelanggan. 

”Terima kasih atas bantuan Pelanggan PLN yang sangat kooperatif kepada Petugas PLN dan menyambut antusias saat proses Pemadanan Data Pelanggan berlangsung,” ungkap Joice.

Joice juga menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), dimana Petugas PLN harus menggunakan tanda pengenal, atribut maupun seragam kerja dalam pelaksanaan pemuktahiran ( updating ) data Pelanggan di lapangan .

“Pemadanan data ini dilakukan dalam rangka pemuktahiran ( updating ) data pelanggan PLN khususnya yang berada di wilayah Kalimantan Barat dengan total sebanyak 696.170 pelanggan,” ungkap Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Albert Safaria.

Ia menjelaskan tujuan dilakukannya pemuktahiran data pelanggan ini tentu saja untuk mengoptimalisasi pelayanan yang diberikan PLN kepada pelanggan.

 ”Kami melakukan verifikasi NIK pelanggan dengan ID Pelanggan untuk memastikan data pelanggan valid dan update di database PLN," tambah Albert.

Ia juga menyampaikan, pelanggan pun dapat melakukan update data diri secara mandiri melalui aplikasi PLN Mobile.

Menurutnya PLN telah melengkapi aplikasi PLN Mobile dengan menu “Data Diri”.

"Pada menu ini pelanggan dapat melengkapi setiap ID Pelanggan pada akun PLN Mobile-nya masing-masing dengan mengisikan data NIK dan NPWP. Pastikan pula alamat dan titik koordinat telah tepat,” jelas Albert.

Ia menambahkan, Lima langkah melengkapi data diri NIK dan NPWP pada Id Pelanggan tersebut adalah sebagai berikut; 

1. Masuk PLN Mobile kemudian click “Profile”; 2. Click “Layanan Saya”; 3. Pilih ID Pelanggan yang akan diperbaharui datanya; 4. Click“Data Diri” dan perbaharui data diri; 5. Pastikan data benar dan lengkap, kemudian click “Simpan”.

”Di tengah kemajuan teknologi yang menuntut kecepatan dan kemudahan dalam genggaman, PLN melalui aplikasi PLN Mobile akan terus beradaptasi dengan kebutuhan-kebutuhan pelanggan di bidang kelistrikan,” kata Albert.

Ia berharap,  seluruh pelanggan PLN juga dapat menginstall dan menggunakan fitur-fitur pada aplikasi ini. Baik fitur “Data Diri” maupun fitur-fitur lainnya. 

"Mari menjadi pelanggan cerdas bersama PLN," tegasnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar