Sedahan Jaya Raih Penghargaan Desa Cantik Tingkat Provinsi Kalbar

7 Oktober 2024 13:28 WIB
Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara mendapat penghargaan sebagai salah satu desa terbaik dalam program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) tahun 2023 Provinsi Kalimantan Barat.

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara mendapat penghargaan sebagai salah satu desa terbaik dalam program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) tahun 2023 Provinsi Kalimantan Barat.

Desa Cantik ini merupakan salah satu program yang dibuat Badan Pusat Statistik (BPS) untuk pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif.

Program ini hadir untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa atau kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Asnawi selaku Penjabat (Pj) Kepala Desa Sedahan Jaya menyampaikan bahwa penghargaan tersebut merupakan keberhasilan bersama semua pihak khususnya masyarakat Sedahan Jaya dan perangkat desa, serta dukungan dari Pemerintah Daerah.

"Prestasi ini merupakan hasil kerja sama pihak desa dan masyarakat yang selalu semangat belajar statistik dan adanya dukungan dari semua pihak termasuk Pemerintah Kabupaten Kayong Utara yang memberikan pendampingan", ucap Asnawi, Sukadana, Jum'at, 4 Oktober 2024.

Ia menyebutkan, bahwa implementasi pembinaan Desa Cantik sebelumnya telah dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kayong Utara dengan berbagai langkah. Salah satunya koordinasi dengan Diskominfo serta Bagian Pemerintahan untuk optimalisasi penggunan dan pemanfaatan data statistik, sehingga program pembangunan dan bantuan lainya dapat berjalan tepat sasaran.

"Kami dapat pembinaan dari BPS dengan berbagai pembelajaran, dari pihak BPS juga sempat turun kelapangan dan kami sudah berkoordinasi dengan Kominfo dengan tujuan agar program pembangunan dan bantuan dapat tepat sasaran," jelasnya.

Selain itu, Asnawi mengatakan dengan adanya program tersebut sangat membatu dalam memaksimalkan data, sehingga data yang di hasilkan semakin akurat dan sesuai pengelompokan berdasarkan kriteria masing-masing.

"Dengan adanya program ini memang sangat membatu dalam pengolahan data, sehingga data yang didapat tepat akurat dan terpilah", tutup Asnawi. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar