Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman: Siap Siaga Hadapi Bencana Karhutla

1 Agustus 2024 07:57 WIB
Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Kabupaten Kubu Raya adalah salah satu daerah di Provinsi Kalimantan Barat yang rentan terjadi bencana karhutla. 

"Karena itu, seluruh elemen dan pemangku kepentingan terkait di Kubu Raya dituntut untuk selalu siap siaga menghadapi dan menanggulangi bencana karhutla tersebut," ungkap Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman.

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman mengungkapkan berdasarkan data penanganan karhutla di Kubu Raya, sejak awal tahun 2024 hingga kini telah terdapat 55 titik api dengan variasi luasan lahan yang terdampak. 

Merespons hal itu, pemerintah kabupaten telah menerbitkan keputusan bupati tentang penetapan status tanggap darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kubu Raya.

“Di mana masa status tanggap darurat tersebut berlangsung selama 14 hari terhitung sejak 27 Juli-7 Agustus 2024,” ujarnya.

Syarif Kamaruzaman memaparkan sejumlah upaya telah dilakukan dalam rangka pencegahan karhutla. 

Antara lain sosialisasi secara masif kepada masyarakat, patroli terpadu, dan pemadaman di lokasi kejadian selama status tanggap darurat ditetapkan.

Penyelesaian karhutla tidak bisa dilakukan secara parsial masing-masing pihak, namun perlu adanya kerja sama yang baik antara seluruh pemangku kepentingan. 

"Seluruh pemangku kepentingan daerah kami intruksikan agar dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang telah terbangun baik selama ini,” terangnya. 

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman menambahkan digelarnya apel ini sebagai bentuk kesiapan kita dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan di Kubu Raya.

Hadir mengikuti apel Kapolres Kubu Raya, Dandim 1207/Pontianak, Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, dan seluruh pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. 
***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar