Pemkab Kubu Raya Dorong Kades Serius Kelola BUMDes secara Profesional

21 Agustus 2024 21:54 WIB
Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam mendorong kepala desa benar-benar serius mengembangkan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

Sebab, setiap desa punya potensi ekonomi. Jika potensi ekonomi ini bisa dikelola melalui BUMDes secara profesional, diyakini desa bisa benar-benar mandiri.

Desa Parit Baru misalnya. BUMDes-nya yang diberi nama Bintang Baru Utama, berkembang pesat.

Bahkan sudah punya kantor sendiri. Karena dikelola profesional. Omzet-nya bisa mencapai Rp1 miliar lebih per tahun.

"Dari sekian banyak yang kita lihat, BUMDes Bintang Baru Utama ini bisa menjadi role model," kata Yusran Anizam, Rabu (21/8/2024).

BUMDes Bintang Baru Utama mengelola beberapa unit usaha. Seperti internet desa, pusat bahan bangunan, hingga mini market.

Yusran pun mendorong desa-desa lainnya mencontoh Desa Parit Baru yang telah sukses membuat BUMDes. Ia yakin, kesuksesan itu bisa diadaptasi. Yang peting punya kekompakan untuk belajar.

"Kita butuh prinsip kebersamaan dan kekompakan," ucapnya.

Karena itu, Pemkab Kubu Raya terus memfasilitasi peningkatan kapasitas direktur dan pengurus BUMDes melalui program-program pembinaan yang ada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

"Termasuk bekerja sama dengan instansi lainnya terus mensupport," katanya.

Yusran menambahkan, BUMDes juga diinginkan ke depan tidak hanya maju secara bisnis. Tapi juga berkontribusi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Bersinergilah kita dengan program kabupaten," ajaknya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar