Kapal KM Karya Sempurna Tenggelam di Perairan Sungai Kakap, Dua ABK Belum Ditemukan

18 September 2024 21:18 WIB
Penampakan KM Karya Sampurna 7, GT 56 tenggelam di perairan Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya usai dihantam cuaca buruk pada Rabu, (18/9/24) subuh. (Tangkapan layar/Instagram/daylipontianak).

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Kapal motor atau KM Karya Sampurna 7, GT 56 tenggelam di perairan laut Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya usai dihantam cuaca buruk pada Rabu, (18/9/24) subuh. 

Akibat insiden ini, dua ABK kapal dinyatakan hilang. Sampai sekarang belum ditemukan. Sementara 13 ABK lainnya berhasil selamat. 

Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade mengatakan, kejadian bermula saat kapal sedang berlabuh di perairan Sungai Kakap.

Namun, sekitar pukul 04.30 WIB, hujan lebat disertai angin kencang memicu gelombang tinggi, dan menghantam KM Karya Sampurna. Alhasil, kapal terbalik. 15 ABK kapal jatuh ke laut. 

"13 di antaranya berhasil selamat dan sudah dievakuasi. Dua orang lainya belum diketemukan," kata Aiptu Ade. 

Adapun identitas dua ABK yang belum ditemukan adalah, Asmadi (22 th) dan Samsudin (27th). Saat ini proses pencairan masih dilakukan. 

Sementara itu, ABK yang selamat sudah dilarikan ke Puskesmas Sungai Kakap untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan. 

Ade mengimbau agar, para nelayan berhati-hati melaut di musim pancaroba ini. Sebab, beberapa hari ini cuaca ekstrem dan membahayakan. 

“Kami mengimbau mengingat cuaca ekstrim dalam beberapa hari ini untuk pengguna lalu lintas air berkordinasi dengan Syahbandar untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar