BUMDes Bintang Baru Utama Desa Parit Baru Sudah Miliki 38 Karyawan

20 Oktober 2024 18:40 WIB
Direktur BUMDes Bintang Baru Utama, Sutaman. (Istimewa)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – BUMDes Bintang Baru Utama milik Desa Parit Baru, menjadi salah satu BUMDes tersukses di Kabupaten Kubu Raya.

BUMDes yang dibentuk sejak tahun 2016 itu, telah memiliki empat unit usaha, dan sudah mempekerjakan 38 karyawan.

“Adapun produk unggulan kita hari ini yaitu usaha internet desa. Usaha ini dimualai sejak tahun 2021,” kata Direktur BUMDes Bintang Baru Utama, Sutaman, belum lama ini.

Bisnis internet desa BUMDes Bintang Baru Utama terus berkembang. Omzet per bulan bisa mencapai Rp80 hingga Rp90 juta.

Selain itu, BUMDes Bintang Baru Utama juga mengelola unit bisnis toko pusat bahan bangunan, farmes market, dan mini market. 

“Perkembangan bisnis kita terus meningkat. Meskipun di masa covid, kita masih untung. Sekarang makin berkembang. Dan kita sudah punya kantor. Ini sangat membanggakan,” ucapnya.

“Kita sudah memberdayakan 38 masyarakat yang menjadi pengurus, karyawan marketing dan manajer dari usaha kita,” lanjutnya.

Menurut Sutaman, hasil keuntungan bagi hasil unit bisnis BUMDes Bintang Baru dari Januari hingga Juli 2024, sudah disumbangkan menjadi pendapatan desa.

“Per juli tahun ini, kita sudah membagikan keuntungan kepada mereka itu sebanyak Rp79 juta. Hampir Rp80 juta. Per Juli. Dari Januari sampai Juli,” katanya.

Meski sudah terbilang sukses, Sutaman memastikan ia akan terus berupaya melakukan ekspansi bisnis-bisnis baru dengan memanfaatkan peluang usaha yang ada di desa.

“Kami akan terus mengembangkan unit usaha. Agar terus berkembang,” pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar