Pemkab Kubu Raya Komitmen Fasilitasi Peningkatan SDM Pengurus BUMDes

2 Oktober 2024 19:37 WIB
Ilustrasi BUMDes. (Net)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, berkomitmen menfasilitasi kegaitan pelatihan untuk peningkatan sumber daya manusia atau SDM pengurus BUMDes.

Sebab, kualitas SDM menjadi kunci kemajuan BUMDes di setiap desa. Jika pengurusnya memiliki skill di bidang entrepreneur yang mumpuni, maka dia akan mampu melihat peluang bisnis yang bisa dikelola melalui BUMDes.

“Karena itu, kita akan terus fasilitas kegiatan peningkatan kapasitas direktur dan pengurus BUMDes melalui program-program pembinaan yang ada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,” kata Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam belum lama ini.

Selain itu, Pemkab Kubu Raya juga akan memfasilitas pemerintah desa bekerja sama dengan stakeholder lainnya untuk program pendidikan dan pelatihan bagi pengurus BUMDes.

Yusran ingin, ke depan seluruh BUMDes di Kubu Raya tumbuh dengan bisnis yang maju. Sehingga perputaran ekonomi di desa benar-benar bergerak dan memberikan kesejahteraan bagi masyrakat.

“Kita juga mengiginkan BUMDes tidak hanya maju secara bisnis. Tapi juga berkontribusi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,” ucapnya.

Oleh karenanya, ia meminta para kepala desa proaktif belajar dengan desa-desa yang sudah berhasil mengelola BUMDes.

Salah satu BUMDes tersukses di Kubu Raya yaitu, BUMDes Bintang Baru Utama milik Pemerintah Desa Parit Baru.

BUMDes Bintang Baru memiliki empat unit usaha. Di antaranya bisnis internet desa, bisnis toko pusat bahan bangunan, farmes market, dan mini market. Setiap tahun bisa menyumbang pemasukan bagi Desa Parit Baru sebanyak Rp 1 miliar.

"BUMDes Bintang Baru Utama ini bisa menjadi role model. Desa-desa yang lain bisa belajar, bagaimana mengelola BUMDes yang sukses,” pungkasnya.


Penulis : bis/ril
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar